Kamis, April 11, 2024
BerandaDaerahLubang 'Menganga' di Desa Tingkok Tambusai Ancam Keselamatan Pengendara

Lubang ‘Menganga’ di Desa Tingkok Tambusai Ancam Keselamatan Pengendara

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Jalan lintas Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang menjadi penghubung antara Kecamatan Tambusai dan Kecamatan Kepenuhan di Desa Tingkok, merupakan akses menuju ke Desa Tambusai Timur dan Desa Suka Maju kini sudah dalam kondisi mengkhawatirkan.

Meski pembangunan ruas jalan Kabupaten masih terus dilakukan dan sebagian titik sudah selesai dikerjakan sehingga memiliki aspal yang mulus, namun di beberapa titik ruas jalan masih terdapat kerusakan yang cukup parah. Bahkan, dianggap membahayakan bagi pengguna jalan.

Salah satu kerusakan yang cukup membahayakan terletak di Desa Tingkok, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rohul, tepatnya berada di turunan menuju arah Desa Suka Maju dan Tambusai Timur. Di lokasi ini terdapat beberapa lubang yang menganga cukup besar dan dalam, tak heran di lokasi ini banyak pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor yang terjerumus ke dalam lubang besar dan dalam tersebut.

Salah seorang pengguna jalan, Halomoan Nasution (39 th) mengatakan, kerusakan jalan di titik ini lumayan parah dan sangat membahayakan. “Sudah banyak pengendara sepeda motor yang jatuh, karena posisi jalan yang rusak tepat berada di turunan dengan kondisi jalan yang agak berbelok,” katanya kepada wartawan, Selasa (05/02/2019) di Desa Suka Maju.

Terlebih lagi jika berkendara pada malam hari, pengendara harus ekstra hati-hati karena kondisi jalan yang tidak memiliki penerangan jalan, salah sedikit mengambil posisi dengan kecepatan kendaraan yang cukup tinggi, maka dapat menyebabkan kecelakaan.

“Yang sering jatuh itu ketika turun dari bukit dalam posisi motor sedang kencang, apalagi bagi pengendara yang tidak paham medan jalan, sangat berbahaya,” jelas lelaki yang akrab disapa Lomo.

Dia berharap kepada pihak terkait agar bisa secepatnya memperbaiki kerusakan jalan tersebut. Terlebih lagi jalan tersebut statusnya sudah menjadi jalan lintas Kabupaten.

“Masak jalan Kabupaten kondisinya seperti itu? Selain rusak, juga membahayakan bagi pengguna jalan. Jangan sampai ada korban jiwa baru akan diperbaiki. Paling tidak ditambal untuk sementara waktu,” harapnya.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemberantas Korupsi (LPK) Kabupaten Rokan Hulu, Miswan, meminta kepada pihak terkait untuk dapat segera memperbaiki titik kerusakan di ruas jalan Kabupaten ini, terlebiih saat ini pelaksanaan pembangunan dan perawatan jalan, sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu.

“Pelaksananya kita minta untuk peka. prioritaskan perbaikan jalan yang memang perlu segera ditangani,” pungkasnya.

Reporter : Alfian Tob

Editor : M. Syari Faidar

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments