Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaDaerahTim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polisi di Rohul

Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polisi di Rohul

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Kapolres Rokan Hulu AKBP M Hasyim Risahondua, S.IK, M.Si menerima tim Puslitbang Polri untuk melaksanakan kegiatan penelitian  tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Mapolres Rokan Hulu, Rabu (23/1/2019) siang.

Tim Puslitbang Polri itu dipimpin oleh Kabid Gas Opsnal Puslitbang Polri Kombes Pol Drs Burdin Hambali selaku Ketua Tim dengan beranggotakan Peneliti Utama LIPI Prof Dr Dwi Purwoko M.Si, dan Kasubdit Gastin Bid Gas Opsnal Puslitbang Polri AKBP Hanafiah Nembo serta Pamin Bid Gas Opsnal Iptu Reo Anggar Prabowo ST.

Dalam pelaksanaan ini juga didampingi Tim dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau yaitu Kabag Strajemen Rorena Polda Riau AKBP Setiyadi, S.Pd dan Staf Rorena Polda Riau Brigadir Randi selaku pendamping tim dalam Pelaksanaan penelitian tersebut.

“Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan Kepolisian khususnya di wilayah hukum Rokan Hulu di lima fungsi layanan Kepolisian yaitu Fungsi, Lalulintas, Intel, Binmas dan Fungsi Shabara,” kata Paur Humas Polres Rohul Ipda Nanang Pujiono, SH.

Dalam kunjungannya ke Rokan Hulu, tim di sambut langsung dan didampingi oleh Kapolres Rohul AKBP Hasyim, selanjutnya melakukan penelitian dengan para PJU Polres Rohul, tim juga memberikan lembar kuisioner yang di isi oleh masyarakat pada pelayanan terutama pada fungsi kepolisian.

Sasaran yang di tuju selain kesejumlah Warung Kopi dan Pasar yang ramai dikunjungi oleh masyarakat, tim juga melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Pasir Pengaraian (UPP). Di Kampus UPP tim di sambut hangat oleh Wakil Rektor UPP Khairul Fahmi. Di kampus ini Tim Peneliti memberikan 21 kuisioner kepada mahasiswa, setelah itu tim peneliti melakukan kunjungan ke Kantor Disdukcapil Rohul.

Menurut Ketua Tim, Penelitian kepercayaan masyarakat terhadap Kinerja Polri dilaksanakan pada 34 Polda dan jajaran di seluruh Indonesia, dalam kesempatan itu, tim juga berharap agar kedepan pelayanan Polri untuk masyarakat ini akan lebih baik lagi,” pintanya.

Bukan hanya itu saja, dari aspek pelayanan publik saat ini juga sudah semakin baik, seperti pelayanan pembuatan SIM dan SKCK, seperti pembuatan SKCK sudah menggunakan aplikasi yang bisa di akses di smartphone, sehingga lebih efisien.

Selaku Ketua Tim Kombes Pol Drs Burdin Hambali, berpesan agar dalam pelaksanaan tugas polisi yang baik, tentunya ada partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat untuk bekerjasama dalam pemeliharaan keamanan, untuk itulah jalin komunikasi yang baik ditengah-tengah masyarakat, jalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan,” pesannya.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan diskusi oleh Tim Peneliti bersama Pejabat Utama Polres Rohul, Tim meminta Kepada para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba untuk menyampaikan inovasi-inovasi serta langkah apa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Reporter : Alfian Tob

Editor : M. Syari Faidar

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments