Kamis, April 11, 2024
BerandaDaerahPetani Kopsa-M Desak PN Bangkinang Segera Proses Hukum Anthony Hamzah

Petani Kopsa-M Desak PN Bangkinang Segera Proses Hukum Anthony Hamzah

KAMPAR – Ratusan warga Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa-M), Rabu siang (02/02/2022) menggelar aksi damai di halaman kantor Pengadilan Negeri Bangkinang.

Adapun tuntutan dari Aksi Massa atas nama Forum Masyarakat Peduli Kopsa-M ini adalah :

1. Kami dari dan atas nama anggota petani, pekerja dan masyarakat Desa pangkalan baru Kec. Siak Hulu Kab. Kampar mendukung Kapolri, Kapolda Riau, Kapolres Kampar terhadap proses hukum atas nama Dr. Anthony Hamzah yang sedang berlangsung di Polres Kampar maupun di Pengadilan Negeri Bangkinang

2. Meminta Hakim tunggal Pengadilan Negeri Bangkinang yang mengadili perkara Praperadilan agar mengambil keputusan seadil-adilnya.

3. Kami dari dan atas nama anggota petani, pekerja dan masyarakat Desa pangkalan baru Kec. Siak Hulu Kab. Kampar mengutuk keras LSM dan oknum bayaran dari pihak Dr. Anthony Hamzah.

Massa yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Peduli Koperasi Petani Sawit Makmur (Kopsa-M) ini diterima oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang I Dewa Gede Budhy, D. A, SH, MH dan Wakil Ketua Dedi Kuswara SH, MH.

Dihadapan Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang ini, Perwakilan Massa sdr. M. Rifa’i juga membacakan dugaan perbuatan yang dilakukan oleh mantan Ketua Kopsa-M sdr. Anthony Hamzah, antara lain :

1. Dugaan penggelapan dana Kopsa-M sebesar Rp 1,7 M.

2. 2. Dugaan penggelapan cicilan kredit 2,4 M.

3. 3. Dugaan penggelapan simpanan wajib anggota sebesar Rp 400 juta.

4. 4. Dugaan penggelapan uang Kopsa-M sebesar Rp. 600 juta untuk membayar preman tanpa persetujuan anggota.

5. 5. Dugaan penggelapan uang kas Kopsa-M sebesar 3 Milyar dengan total keseluruhan sebesar Rp 8,1 Milyar.

Kemudian Orasi Damai disampaikan oleh Sdr. Rijal, dilanjutkan Peletakkan bunga di halaman kantor Pengadilan Negeri Bangkinang.

Kegiatan Aksi Damai ini diakhiri Pembacaan do’a yang dipandu oleh Sdr. Aprinus dan rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan tertib, selanjutnya massa aksi membubarkan diri dan kembali ke Desa Pangkalan Baru Kec. Siak hulu.(***)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments