Minggu, Maret 3, 2024
BerandaDaerahKuota CPNS 2019, Kepulauan Meranti Hanya Dapat 121 Formasi

Kuota CPNS 2019, Kepulauan Meranti Hanya Dapat 121 Formasi

SELATPANJANG(AuraNEWS.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti hanya mendapatkan jatah 121 formasi Kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sebagaimana diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti, Alizar, S.Sos, melalui Sekretarisnya, Bakharuddin, M.Pd, bahwa kuota sebanyak 121 itu diperuntukkan untuk tiga bidang.

“Untuk tenaga pendidik sebanyak 22 orang, tenaga kesehatan 57 orang dan tenaga teknis sebanyak 42 orang,” kata Bakharuddin, Selasa (22/10/2019).

Dikatakan bahwa kuota CPNS yang diberikan pada tahun ini memang masih jauh dari usulan yang disampaikan. Sebelumnya Pemkab Kepulauan Meranti sudah menyampaikan usulan formasi kepada pemerintah pusat berdasarkan analisis jabatan dan sesuai dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun dan masuk masa pensiun.

Sebelumnya, BKD Kepulauan Meranti sudah mengajukan sebanyak 1.191 formasi, 67 formasi diantaranya adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Semua formasi itu sudah di input melalui aplikasi E-Buzzetting.

Namun dikatakannya, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 bagi pemerintah daerah itu harus memperhatikan ketersediaan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan prinsip zero growth.

“Dari pengajuan formasi yang dilakukan itu tidak otomatis disetujui semua karena harus mempertimbangkan kondisi keuangan daerah,” ujarnya.

Bakharuddin mengaku sudah mengusulkan anggaran untuk proses perekrutan CPNS baru tersebut. Dia menegaskan bahwa dalam perekrutan nanti, BKD hanya sebagai koordinator daerah saja.

Dia menjelaskan dalam proses perekrutan nanti tidak akan jauh berbeda dengan proses perekrutan sebelumnya. Dimana Pemkab Meranti hanya sebagai panitia daerah yang membantu proses perekrutan tersebut.

“Secara teknis kita hanya membantu menerima dokumen administrasi dari pelamar saja. Sementara, yang menyiapkan materi yang diujikan kepada pelamar disiapkan BKN sebagai perpanjangan tangan Kemenpan-RB. Termasuk yang melakukan seleksi dan memutuskan kelulusan,” ucapnya.

Sementara itu, pengumuman pembukaan seleksi CPNS 2019, berdasarkan informasi, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian (Inka), Said Solahuddin mengatakan, akan diumumkan secara resmi pada bulan Oktober ini.

“Untuk pendaftarannya itu nanti baru dibuka bulan November, tapi belum pasti tanggal berapa. Kita tunggu saja pastinya,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Said, pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait penerimaan dan tahapan seleksi CPNS di Lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.(***/MP)

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments