Kamis, Juli 18, 2024
BerandaDaerahHasbi: Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Ayo Bersatu Jadi Agen Perubahan

Hasbi: Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Ayo Bersatu Jadi Agen Perubahan

TAPUNG(AuraNews.id) – Dalam momen Hari Sumpah Pemuda, M.Hasbi sebagai Ketua Karang Taruna Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar mengajak pemuda-pemudi di desanya untuk terus mengambil peranan dalam pembangunan bangsa di tingkat desa, Pemuda disebutnya harus bersatu padu menjadi agen perubahan.

“Pemuda-pemudi Desa Karya Indah harus tetap tegak lurus menguatkan komitmen dan konsistensi dalam peranan kepemudaan. Pemuda harus hadir dan mampu menumbuh-kembangkan aspek etis dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan bermasyarakat,” ungkap Hasbi, Senin (29/10/2018).

Ketua Pemuda Karang Taruna Desa Karya Indah itu, meminta agar seluruh pemuda-pemudi Desa Karya Indah untuk terus bergerak dan konsisten berperang melawan bahaya narkoba, kenakalan remaja dan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Terus menjadi penegak serta pengawal moral dan karakter bangsa khususnya ditingkat desa kita untuk menjadi agenda utama yang tidak boleh diabaikan oleh pemuda-pemudi,” kata sosok pemuda kelahiran Lipat Kain Kampar Kiri ini 31 tahun silam.

Pemuda pun disebutnya, harus berperan sebagai sosial kontrol dengan meningkatkan wawasan kebangsaan serta membangkitkan kesadaran atas tanggung jawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara generasi muda bangsa, dan tentunya meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik.

“Peka serta pedulilah terhadap persoalan sosial yang mendera kaum muda di desa untuk bangsa Indonesia. Pemuda harus tetap berkomitmen dan konsisten untuk berperang melawan pengangguran, kemiskinan dan persoalan sosial bangsa Indonesia,” ucap Hasbi.

“Sebagai kontrol sosial, pemuda juga harus sigap dan hadir membantu dalam penguatan persatuan dan silaturahmi antar kepemudaan bermasyarakat,” imbuh Hasbi yang baru saja menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Desa Karya Indah di awal Oktober lalu.

Pemuda Desa Karya Indah di minta Hasbi untuk menjadi agent of change (agen perubahan), pemuda menurut Hasbi yang juga merupakan salah seorang wartawan di Kabupaten Kampar ini, harus konsisten untuk meneruskan dan meneguhkan komitmen dan konsistensi gerakan kepemudaan yang sudah dirintis sejak 1928.

“Ayo menjadi pemuda pelopor, pemimpin yang handal dan kuat dalam melakukan terobosan dan mendobrak setiap kebuntuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memperkuat persatuan dan kesatuan serta memperkuat kesetiakawanan sosial di antara pemuda-pemudi Desa ini untuk bangsa Indonesia,” urai M.Hasbi.

Tak hanya itu, generasi muda pun menurutnya harus mampu menjadi pelopor kemandirian bangsa di tingkat desa khususnya Desa Karya Indah, serta mampu menghadirkan kepedulian dan jalan keluar bagi kemiskinan. Pemuda-pemudi dikatakan Hasbi harus mampu menghadirkan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia pada umumnya, wabil khusus untuk Desa Karya Indah.

Bahaya kekinian, semakin mengecam dan mengancam kehidupan sosial, seperti persoalan pengangguran, kemiskinan, bahaya narkoba, ideologi radikal, bahaya ilmu dan teknologi yang tidak dimanfaatkan secara bijaksana. Selain itu juga bahaya kerusakan moral dan karakter bangsa serta kerusakan sumber daya manusia, alam dan lingkungan.

“Akankah pemuda-pemudi hanya berdiam diri saja ? Haruskah pemuda hanya berpangku tangan menyaksikan problem kemasyarakatan ? Saya yakin jawabannya TIDAK ! Pemuda tidak akan pernah berhenti untuk bergerak dengan nurani secara objektif, baik dan bijaksana,” tegas Ketua Karang Taruna-DKI Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

“Pemuda tidak akan pernah berhenti untuk mempertahankan negeri ini, untuk terus melawan kebatilan, terus berjuang melawan penindasan. Pemuda-pemudi akan hadir dengan kepekaannya, kepeduliannya, solusinya, kerja nyatanya, komitmennya,” sambung dia.

Disampaikannya juga, bahwa kedepan dalan waktu dekat Karang Taruna Desa Karya Indah akan mengadakan rapat perdana tentang program kedepan bagi kesejahteraan kepemudaan hingga ke tingkat RT di lingkungan Desa Karya Indah dalam kepemimpinannya sebagai Ketua Karang Taruna Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Hal itu tentunya, berlandaskan peraturan-peraturan dan nilai luhur bangsa dalam NKRI ini tentang fungsi Karang Taruna.

M.Hasbi pun mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 untuk seluruh pemuda yang ada di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, khususnya.

Ia yakin Desa Karya Indah akan semakin maju dengan perjuangan tiada henti dari para pemuda-pemudi desa itu sendiri bersama wadah Karang Taruna Desa Karya Indah itu sendiri.

“Salam Kesetiakawanan Sosial, salam Pemuda Indonesia, Salam Pemuda Desa yang Lebih Baik dengan Perjuangan Kesejahteraan Kepemudaan Kita” tandas Hasbi.(rls)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments