Minggu, April 14, 2024
BerandaDaerahTP-PKK Kabupaten Kampar Gelar lomba PHBS dan LBS

TP-PKK Kabupaten Kampar Gelar lomba PHBS dan LBS

BANGKINANGKOTA(AuraNews) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kampar menggelar lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS). Lomba ini diikuti 21 Kecamatan se-Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Hj. Nuraini Azis Zaenal melalui Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV drg. Awal Haeniwati kepada wartawan, Kamis (27/9/18). “Lomba PHBS dan LBS tahun ini digelar pada Bulan Agustus sampai awal September 2018,” ujarnya.

Disampaikan Awal Haeniwati bahwa lomba PHBS dan LBS ini merupakan program rutin Pokja IV TP-PKK Kabupaten Kampar dengan arahan dan bimbingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Pelaksanaan lomba ini dilaksanakan dengan cara Tim penilai dari Kabupaten mengunjungi 21 kecamatan. Dimana setiap kecamatan menunjuk satu desa sebagai perwakilan Kecamatan untuk dinilai oleh tim penilai tersebut.

Dijelaskan Awal bahwa meskipun tim penilai ditugaskan untuk melakukan penilaian di desa-desa tersebut, namun tujuan utamanya bukan itu saja, tapi juga untuk menjalin silahturahmi sekaligus melakukan pembinaan kepada TP-PKK di desa dan kecamatan.

Tim penilai yang turun selalu menegaskan pentingnya kondisi berperilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. “Kita mengingatjan bahwa PHBS dan LBS jangan hanya di lakukan saat menghadapi penilaian saja tapi harus menjadi kebiasan hidup sehari-hari,” ingatnya.

Pemenang lomba PHBS dan LBS ini akan diumumkan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

TP-PKK bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar sebagai OPD teknis akan melakukan pembinaan kepada desa yang akan menjadi utusan Kabupaten Kampar saat mengikuti lomba PHBS dna LBS tingkat Provinsi Riau nantinya.(**)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments