Minggu, April 21, 2024
BerandaDaerahKakanwil Kemenkumham Riau Pimpin Simulasi Apel Siaga Pengamanan Lapas se-Riau

Kakanwil Kemenkumham Riau Pimpin Simulasi Apel Siaga Pengamanan Lapas se-Riau

BANGKINANG KOTA (auranews.id) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Riau melaksanakan apel siaga simulasi penguatan pengamanan dan layanan kunjungan hari raya idul fitri 1439 H se-Riau yang dipusatkan di Lapas IIA Bangkinang, Selasa (5/6/2018).

Apel siaga ini diikuti oleh seluruh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) dan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) di Wilayah Riau.

Dalam Amanatnya, Kakanwil Kemenkumham Riau, M. Diah SH MH yang menjadi inspektur upacara menyampaikan, setiap petugas lapas harus meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas negara.

Diah juga mengapresiasi atas terselenggaranya apel kesiapan kunjungan lebaran untuk warga binaan tersebut.
Hal ini harus dipersiapkan dengan sebaik baiknya, karena situasi jumlah pengunjung saat lebaran nanti sangat meningkat jauh lebih banyak dari hari biasanya, apalagi tempat kita sangat terbatas.

“Saya sangat bersyukur, dimana setiap petugas harus bekerja disaat lebaran, dimana masa cuti berjalan. Saya juga, sangat berterimakasih kepada TNI-Polri, dalam bentuk sinergitas tugas bersama-sama dalam mengamankan situasi dan kondisi,” ungkapnya.

“Walaupun pengamanan kita sudah ditambah petugas CPNS yang direkrut tahun lalu, namun kita harus selalu tetap waspada. Apalagi saat ini kita dalam keadaan tingginya tingkat teror di Indonesia,” tambah Diah.

Lebih lanjut Kakanwil berharap kerjasama dan dukungan dapat bekerjasama dengan baik dengan seluruh lapisan komponen pengamanan yang ada.

Kakanwil juga menyampaikan 6 tugas kepada seluruh Kalapas dan Karutan se-Riau.

1. Lakukan pemetaan potensi situasi, untuk mengantisipasi jumlah naiknya jumlah kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan.

2. Siapkan sistem, dengan menyiapkan segala sesuatunya yang diperlukan dalam menghadapi kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan.

3. Persiapkan seluruh perangkat untuk memeriksa barang barang ketika kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan.

4. Kepuasan pengunjung bukan suatu hal yang kita utamakan saja, namun pengamananlah yang sangat perlu kita utamakan.

5. Pengawasan kontrol dari kalapas, untuk memerintahkan pegawainya dalam bertugas sangat diperlukan dalam meningkatknya jumlah kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan.

6. Senantiasa melakukan kontrol setiap masalah pengaduan yang muncul, sebab kita akan selalu memantau dan memberikan laporan kepada pimpinan teratas, yakni Menkumham RI.

“Semoga hal ini bisa dapat berjalan tertib, sukses dan aman di saat hari raya Idul Fitri 1439 H mendatang,” kata Diah.

“Kami berharap agar seluruh petugas secara simultan membantu mensukseskan pemilukada serentak di 27 Juni 2018 mendatang dan memastikan para pemilih yang akan dilaksanakan di lapas atau rutan. Segera periksa data pemilih yang ada di lapas maupun di rutan,” pintanya.

Diah juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, bagi petugas lapas, warga binaan yang beragama Islam dan selamat menyambut datangnya hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Usai simulasi apel siaga, Kakanwil Riau buka puasa bersama jajaran Kemenkumham Riau dan Forkopimda Kampar, dan dilanjutkan melaksanakan ibadah sholat tarawih bersama di mesjid At Taubah Lapas IIA Bangkinang.

Fauzi Lalea Saputra

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments