Senin, Februari 26, 2024
BerandaDaerahRolling Jabatan Pada Pemerintah Daerah Harus Menghadirkan Peningkatan Kinerja yang Signifikan

Rolling Jabatan Pada Pemerintah Daerah Harus Menghadirkan Peningkatan Kinerja yang Signifikan

KAMPAR(auranews co.id) – Semenjak kehadiran Dr. Kamsol di Kampar, membuat kabupaten tertua di provinsi Riau ini menjadi menarik untuk dibicarakan, dikarenakan Kamsol memiliki semnangat kerja yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Kampar. Padahal, notabennya beliau bukan putera asli daerah. Hal ini tentu disambut hangat oleh masyarakat Kampar.

Kesuksesan kepala daerah dalam memimpin tidak terlepas dari peran OPD yang ada di daerah tersebut. Sebab setiap kegiatan serta pelayanan yang diberikan kepala daerah, baik itu pelayanan pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan kegiatan lainnya tetap melalui jalur OPD yang tersedia, sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Alasan diatas mengharuskan kepala daerah dalam hal ini Pj Bupati Kampar untuk menempatkan pejabat-pejabat dari Aparatur Sipil Negara sesuai dengan kebutuhan dan disiplin ilmu yang dimiliki.

Semangat yang dimiliki Dr. Kamsol dalam memimpin Kabupaten Kampar tidak akan memiliki arti jika setiap Organisasi Perangkat Daerah yang dimiliki tidak dapat bekerja secara optimal, dikarenakan oleh personal yang mengisi jabatan tertentu tidak sesuai dengan kapasitasnya keilmuannya.

Untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi pembangunan daerah, Pj Bupati Kampar harus melakukan perbaikan pada ruang lingkup birokrasi. Terutama pada penempatan setiap person yang akan mengisi jabatan penting seperti “kepala dinas” dan jabatan penting lainnya.

Dalam menempatkan seseorang pada posisi tertentu haruslah memperhatikan Job analys, dimana job analysis terdapat didalamnya job description, job specification, serta job evaluation. Job analysis merupakan determinan bagi keberhasilan seorang pemimpin.

Ketika spesifikasi manusia yang dibutuhkan sesuai dengan deskripsi pekerjaan, maka akan tercipta kinerja yang maksimal bagi setiap instansi. Tingginya kinerja dikarenakan setiap orang terutama pimpinan paham secara kaffah tentang bagaimana melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sehingga fungsi-fungsi OPD dapat berjalan optimal.

“Kegagalan sebagian besar pemimpin bukan diakibatkan buruknya program yang dimiliki, melainkan diakibatkan oleh memberdayakan orang yang salah pada pekerjaan yang mulia”.

Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam pernah bersabda dalam Hadist yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori : “jika sesuatu pekerjaan tidak diserahkan pada ahlinya, maka tunggulah kehancuran”.

Pj Bupati Kampar diharapkan dapat bersinergi dengan PLT Sekda saat ini dalam mengurai permasalahan yang ada di Kabupaten Kampar, dengan cara menempatkan orang yang tepat dalam mengemban tanggung jawab yang telah melekat.

Oleh : Hendri Andria Septian MM (Akademisi UIN SUSKA RIAU)

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments