Jumat, Juni 7, 2024
BerandaAdvetorialBappeda Kampar Gelar Musrenbang Guna Penyusunan RKPD 2024

Bappeda Kampar Gelar Musrenbang Guna Penyusunan RKPD 2024

BANGKINANG KOTA(auranews.co.id)- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2023 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, yang digelar di Balai Bupati Kampar, Kamis (17/3/2023). Kegiatan Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Kampar DR. H. Kamsol, MM.

Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2023 ini, mengangkat tema “Menjadikan Kampar Yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Provinsi Riau”.

Bupati Kampar saat membuka Musrenbang ini menyampaikan bahwa Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah wadah musyawarah yang melibatkan seluruh stakeholder Kabupaten Kampar untuk merumuskan lebih lanjut rancangan RKPD berdasarkan Usulan Musrenbang Kecamatan, Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Kampar, Rancangan Renja Perangkat Daerah dan hasil Forum Gabungan Perangkat Daerah.

Hasil akhir tahapan perencanaan ini adalah Dokumen RKPD Tahun 2024 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Kampar dan akan menjadi acuan dalam penyusunan Renja Perangkat Daerah Tahun 2024. “Dengan demikian seluruh Renja Perangkat Daerah harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam Dokumen RKPD Tahun 2024,” ujar Bupati.

Pada kesempatan ini Pj. Bupati berharap acara Musrenbang ini, mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas.

Disampaikan Bupati bahwa RKPD Kabupaten Kampar yang disusun saat ini merupakan dokumen perencanaan daerah Tahun 2024, yang didasari oleh Arah Kebijakan Pembangunan Daerah pada Dokumen RPD Kabupaten Kampar Tahun 2023-2026 dengan memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional dan Prioritas Pembangunan Propinsi Riau.

Bupati berpesan agar forum strategis pada hari ini dimanfaatkan secara maksimal, serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan. “Hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD ini sangat berkaitan erat dengan R-APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2024,” ujarnya.

Untuk itu Bupati minta kepada pejabat yang terkait dalam penyusunan dokumen perencanaan, agar tetap konsisten dengan apa yang telah disepakati sehingga APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2024, dapat disusun dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur, mekanisme peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Kampar, untuk selalu optimis dalam upaya menghadirkan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan, mempersiapkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing, serta penerapan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan dalam melaksanakan pembangunan,” ajaknya.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si selalu Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu Tujuan penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah untuk Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Kampar dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Riau dan Prioritas Pembangunan Nasional.

Rangkaian Penyelenggaraan Musrenbang dimulai dari Musrenbang Kecamatan pada tanggal 20 – 24 Februari 2023, Forum Perangkat Daerah pada tanggal 1 – 3 Maret 2023, Pra Musrenbang Kabupaten pada tanggal 8 – 10 Maret 2023, dan Musrenbang Kabupaten pada tanggal 16 Maret 2023.

Narasumber pada pelaksanaan acara Musrenbang adalah: Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/ BAPPENAS RI, Kepala Seksi Sub Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah I Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Maya Restusari, SP, MM, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI, Kepala Bappedalitbang Propinsi Riau.

Undangan dan Peserta Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2023 terdiri dari Bappenas RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Bappedalitbang Propinsi Riau, Anggota DPRD Propinsi Riau Daerah, Pemilihan Kabupaten Kampar, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kampar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar, Perguruan Tinggi, Perangkat Daerah Kabupaten Kampar, BUMN dan Perusahaan Besar Swasta, Para Camat se-Kabupaten Kampar, Delegasi Kecamatan, Pemuka Agama, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat Kabupaten Kampar, Asosiasi yang berada di Kabupaten Kampar, Organisasi Kemasyarakatan yang berada di Kabupaten Kampar.

Keluaran atau hasil dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2024, yang meliputi, Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2024 dan

Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten Kampar Tahun 2024.

Kepala Bappeda juga menyampaikan bahwa jumlah usulan pembangunan tahun 2024 yang telah diinput pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD-RI) sebagai berikut : Usulan Aspirasi Masyarakat hasil musrenbang kecamatan berjumlah : 1677 usulan, Usulan Pokok-Pokok Pikiran hasil reses DPRD Kabupaten Kampar berjumlah : 1356 usulan.

“Usulan ini telah dibahas saat Pra Musrenbang dan menjadi Kesepakatan Hasil Musrenbang Tahun 2023 Untuk Penyusunan RKPD Kabupaten Kampar tahun 2024,” lapor Ardi.

Pada kesempatan tersebut PJ Bupati Kampar Kamsol berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada, kecamatan sebagai penyelenggara Musrenbang kecamatan terbaik yang diraih kecamatan Tapung Hilir, kecamatan yang berhasil melakukan konvergensi penurunan stunting dengan melakukan intervensi kepada anak stunting sehingga menurunkan jumlah anak stunting diraih peringkat I oleh kecamatan Kuok.

Kemudian pencapaian Desa/kelurahan Bebas Stunting dengan perolehan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) yang diraih Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan.

Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Kampar 2023 berjalan lancar. Rangkaian kegiatan ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2024 oleh Perwakilan Peserta.(Adv)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments