Jumat, April 12, 2024
BerandaDaerah3 Hari Bersama Staf Ahli Gubri, Mari Kita Pasang Niat Jihad Untuk...

3 Hari Bersama Staf Ahli Gubri, Mari Kita Pasang Niat Jihad Untuk Kampar Lebih Baik

Mengabdi kepada Allah dan berkhidmat kepada Rakyat

KAMPAR(auranews.co.id) – Rombongan pasukan Tourboedrex Army yang dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Riau bidang pemerintahan hukum dan SDM, Yurnalis Basri, S.Sos, MSi melakukan beberapa kegiatan sosial, kemasyarakatan dan keagamaan di Kecamatan Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu selama tiga hari dengan tagline mengabdi kepada Allah dan berkhidmat kepada rakyat.

Dimulai pada hari Jumat (18/2/2022), rombongan pasukan Tourboedrex Army sudah berada di Desa Kuntu, kecamatan Kampar Kiri. Mereka melaksanakan ziarah ke makam Syekh Burhanuddin.

Tak hanya itu saja, setelah berziarah dan mondoakan para leluhur yang telah berjuang, rombongan langsung berkunjung ke pondok pesantren Burhanuddin. Mereka disambut langsung oleh pimpinan pondok pesantren, Buya H. Junaidi.

Pada malamnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Domo, kecamatan Kampar Kiri. Disini, Staf Ahli Gubernur Riau menghadiri peringatan isra dan mi’raj Nabi Muhammad SAW di Mesjid Al-Hidayah Tussholihin.

Masyarakat Domo tampak gembira dan bersemangat mengikuti acara isra mi’raj, ditambah lagi mendapat pencerahan dari ustadz Syamsurizal. Pada kesempatan ini, Yurnalis menyampaikan program-program strategis dari Gubernur Riau dibidang agama.

Dibawah kepemimpinan Syamsuar, Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung melahirkan program rumah tahfiz di setiap desa dan Gubernur Syamsuar telah menganggarkan untuk penghapal Al-qur’an melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) dari APBD Riau 2022.

Bantuan ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam menciptakan generasi muda penghafal Al’quran. Untuk itu, Yurnalis mengajak masyarakat Desa Domo terus mendidik anak-anaknya dengan agama, penghapal Al-qur’an.

“Semoga nantinya rumah tahfiz berdiri di Desa Domo, sehingga banyak lahir anak-anak penghapal Al-qur’an dan mencetak kader-kader ulama dari desa ini,” ujarnya.

Yurnalis menambahkan dengan menyampaikan salam takzim dari Gubernur Syamsuar. Dan dia mengajak masyarakat Desa Domo mendoakan Gubernur agar selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

“Pak Gubernur telah menargetkan melahirkan 100.000 orang para penghafal Al – Qur’an di Provinsi Riau dan Di Siak telah tuntas realisasi target 1.000 org hafidz dan hafidzah” jelasnya.

Usai melaksanakan Isra’dan Mi’raj di Desa Domo, rombongan langsung bergerak ke Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Disinilah, pasukan Tourboedrex Army beradaptasi dengan alam.

Mereka Camping di Pulau Tonga Sungai Subayang. Banyak kegiatan sosial, kemasyarakatan dan keagamaan yang mereka lakukan ditempat ini diantaranya pembacaan ayat suci Alquran bada maghrib dan isya, sholat tahajud dan dhuha berjemaah, mendengarkan tausiah, penyerahan santunan untuk 17 orang anak yatim Tanjung Belit, penyerahan bantuan bola dan kostum sepak takraw kepada Desa Gema dan Pangkalan Serai dan pertandingan persahabatan antara pasukan Tourboedrex Army dengan Panser Club.

“Salah satu kegiatan kita juga ada Tadabbur Alam yakni menyatu, mengharmoni atau bersepadu atau bersebati dengan alam dan kita tidak boleh merusak alam. Kami mengajak seluruh rombongan untuk menjaga alam Kabupaten Kampar dan memasang niat jihad untuk Kampar lebih baik,” ujar Yurnalis Basri.

Terkait banyaknya persoalan-persoalan yang terjadi di desa terutama persoalan BumDes, Staf Ahli Gubernur Riau mengadakan silaturahmi dengan sejumlah kepala desa ditambah BPD dan Pengurus Bumdes sekira 35 orang disekitar lokasi Camping tersebut.

Tepatnya pada Sabtu (19/2/2022), sejumlah kepala desa hadir dilokasi Camping. Selain itu, juga hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Fraksi PKS, Fahmil, Kabid Pembagunan Ekonomi Kawasan Pedesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatan Sipil Provinsi Riau, Darwis, S.STP, MM, Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Ambar Rustantini, Kabid BumDes Syofian Hadi dan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kampar M Hafis.

Kehadiran pejabat Pemkab Kampar dan Provinsi Riau ini dalam rangka memberikan pencerahan kepada sejumlah kepala Desa yang ada di Kecamatan Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu terkait manajemen Desa, Pemerintahan Desa dan BumDes.

Tampak terjadi diskusi dan dialog yang alot pada sesi ini. Para kepala desa terlihat bersemangat satu-persatu bertanya kepada para pejabat yang memberikan materinya.

Pada kesempatan ini, Yurnalis menegaskan bahwa Pemerintah provinsi Riau menaruh harapan besar terhadap perkembangan desa terkhusus perkembangan BumDEs. Ini merupakan program strategis pemerintah provinsi Riau saat ini.

“Seluruh desa terus dikucurkan anggaran Bankeu tiap tahunnya. Manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk perkembangan desa dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap mantan Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Riau tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa masuk desa keluar desa merupakan hobi nya sejak lama yang menjalankan prinsip dunia akhirat. Kegiatan seperti ini, telah dimulai oleh Yurnalis ketika menjadi pejabat di Pemkab Siak yang dulunya dikenal dengan nama tour de kampung.

“Pasukan Tourbodrex Army bermakna Tour adalah kegiatan yang menggembirakan, turbo gerakan mesin yang cepat, ada cita-cita yang ingin diraih dan bodrex adalah obat sakit kepala dan ini filosofi, ada kisahnya. Didalam rombongan kami ada ‘Hantu Durian’, sehari makan durian seminggu sakit dan bodrex lah yang menjadi solusinya,” ujar Yurnalis sembari tertawa menjelaskan.

Tampak hadir didalam pasukan Tourbodrex Army, Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Provinsi Riau Syofian, SH, Kepala SMAN 1 Bangkinang Kota H. Hendra Yunal, SPdi, MSi, Kepala SMAN 6 Pekanbaru dan para pemuda-pemuda tangguh.

“Jihad adalah berjuang di jalan Allah SWT untuk kemaslahatan orang banyak, sesuai dengan kedudukan dan peranan kita saat ini. Bagi saya, Kampar adalah Negeri tumpah darah, saya harus ikut bertanggung jawab secara zahir dan bathin memberikan sumbangan pikiran dan karya nyata untuk memaju jayakan Kabupaten Kampar sesuai dengan kemampuan kita masing – masing,” pungkasnya.***

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments