Jumat, April 19, 2024
BerandaDaerahHadiri HAUL ke-26 Ponpes Miftahul Mu'arrif, Yurnalis: Gubri Sangat Mendukung Kegiatan Syiar...

Hadiri HAUL ke-26 Ponpes Miftahul Mu’arrif, Yurnalis: Gubri Sangat Mendukung Kegiatan Syiar Agama

XIIIKOTOKAMPAR(Auranews.co.id) – Gubernur Riau diwakili Staf Ahli Gubri Bidang Pemerintahan Hukum dan SDM, Yurnalis, S. Sos., M. Si hadiri HAUL Ke – 26 Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Mu’arrif. Yurnalis Sebut Ponpes adalah pabrik pencetak lahirnya para Hafiz dan Hafizah, alim dan ulama yang senantiasa memberikan penerangan di tengah umat.

Staf Ahli Gubri Bidang Pemerintahan Hukum dan SDM, Yurnalis S. Sos., M. Si saat berada di tengah ulama dan santri serta ratusan jamaah dan masyarakat Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu, (08/02/22) pada acara HAUL Ponpes Miftahul Mu’arrif ke – 26 mengatakan, bahwa Koto Kampar Hulu merupakan daerah yang suasananya sejuk dan nyaman. Kehadiran Ponpes senantiasa mencetak generasi unggul yang memiliki ilmu pengetahuan dunia dan akhirat.

Yurnalis NBO juga mengingatkan, bahwa dalam Al Quranul Karim, Allah juga mengatakan, jika penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, maka Allah akan mencurahkan keberkahan di langit dan di bumi.

“Mungkin hal ini jugalah yang membuat suasana negeri ini selalu sejuk, adem dan nyaman. Negeri ini masyarakatnya ramah dan baik, religius dan mengerti serta taat kepada perintah agama”, ungkap Yurnalis.

Pada kesempatan tersebut, Yurnalis juga menyampaikan, bahwa Gubernur Riau (Gubri), Drs. Syamsuar, M. Si sangat mendukung kegiatan Syiar agama. Komitmen pada program Syiar agama bukan saja dilaksanakan Syamsuar pada saat menjadi Gubri. Tetapi saat menjadi Bupati Siak, Syamsuar juga telah melaksanakan program keagamaan yang baik.

“Saat menjadi Bupati Siak, pak Syamsuar juga telah membentuk kampung syariah. Syamsuar juga telah berhasil melahirkan 1000 Hafis dan Hafizah sewaktu menjadi Bupati Siak”, ungkap Yurnalis

Kemudian disampaikan Yurnalis bahwa Gubri, Syamsuar saat ini  sedang berupaya melahirkan 100.000 hafiz dan Hafizah. Semoga niat baik pak Gubri berjalan lancar dan diridho’i Allah Azza Wajallah. Gubri juga memberikan Bantuan Keuangan (Bankeu) yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintahan desa untuk pengembangan program keagamaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Miftahul Mu’arrif Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu, Tengku Syukur Ali menjelaskan, bahwa Ponpes Miftahul Mu’arrif Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu didirikan untuk mengajak dan mendidik kaum muslimin para generasi  Islam yang akan datang mengamalkan ajaran Islam sesuai menurut tuntunan agama kita sendiri  dengan kata lain mendidik generasi Islam yang berilmu, beriman dan bertaqwa.

“Ponpes kita dimulai pengajiannya pada tahun 1418 H. Sewaktu itu kita membangun 2 balai pengajian dan 10 buah pemondokan (rangkang). Sistem pendidikan dan pelajarannya menerapkan pola sistem pendidikan yang ada di pondok pesantren yang ada di Aceh pada umumnya. Yakni, belajar siang setelah Zuhur sampai masuk waktu ashar, dan malam setelah sholat magrib hingga selesai dengan ketentuan satu kali masuk dengan 4 (empat) mata pelajaran. Mata pelajaran yang akan diajarkan semuanya kitab kuning (Arab gundul),”ungkap Tengku Syukur Ali.

Tengku Syukur Ali juga menjelaskan, hingga saat ini, Ponpes Miftahul Mu’arrif terus berdiri dan berkembang. Ponpes yang awalnya hanya dikelola oleh masyarakat, saat ini dikelola oleh  yayasan  mengikuti peraturan pemerintah melalui kementerian agama. Sekitar 80 % santri kita adalah anak,-anak dari Desa Bandur Picak.***

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments