Senin, April 15, 2024
BerandaDaerahPT CRS Serahkan 3.361 Persil Sertifikat, Sekda Kuansing Ingatkan Anggota KUD Langgeng

PT CRS Serahkan 3.361 Persil Sertifikat, Sekda Kuansing Ingatkan Anggota KUD Langgeng

TELUK KUANTAN – PT.Citra Riau Sarana (CRS ) sudah menyerahkan sebanyak 3.361 Persil Sertifikasi tanah milik anggota KUD Langgeng Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing ), Kamis siang (27/01 ) di Ruangan Multi Media Kantor Bupati Kuansing.

Penyerahan tersebut diberikan secara simbolis oleh Senior manager PT.CRS Jaka Widada kepada ketua KUD Langgeng Muhklisin dan langsung disaksikan oleh Plt.Bupati Kuansing yang diwakili oleh Sekda Kuansing Dedy Sambudi (DS ) dan Ketua Komisi II DPRD Kuansing Muslim, Assisten I serta beberapa orang Kepala OPD lingkup Kuansing.

Plt. Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, Ak, MM melalui Sekda Kuansing H. Dedy Sambudi, SKM MKes mengucapkan terima kasih kepada Pihak PT.CRS yang sudah serius memberikan hak anggota KUD Langgeng, ini wujud nya Perusahaan atas komitmennya dengan KUD Langgeng, kata Sekda Kuansing

“ harus kita syukuri sertifikat sudah Kembali ke tangan para anggota, namun tentu jangan menjadi alat awal untuk komplit yang baru di tubuh KUD Langgeng” Sekda mengingatkan kepada Pengurus KUD Langgeng.

Sementara diketahui dari tuntutan KUD Langgeng kepada PT.CRS yakni sebanyak 10.000 hektar, dan hari ini baru 3.361 persil Sertifikat yang diserahkan, KUD Langgeng masih tetap belum mau membuka diri untuk melanjutkan Kerjasama dengan CRS, sebab sejak awal Januari 2022 yang lalu Tandan Buah Sawit (TBS ) KUD Langgeng tidak lagi dijual ke PKS PT.CRS.

“selama PT.CRS belum bisa mengakomodir tuntutan kami sesuai perjanjian awal, yakni luas lahan anggota KUD langgeng seluas 10.000 hektar, KUD langgeng belum bisa melanjutkan Kerjasama dengan PT.CRS’, kata Kirdi

“saat ini sudah hampir satu bulan Tandan Buah Sawit (TBS ) KUD langgeng tidak lagi dijual ke PT.Citra Riau Sarana”, sebutnya.

Menurut Kirdi, Ada dua tahap penyerahan lahan kepada PT.CRS yakni, tahap pertama seluas 5.000 hektar, tahap kedua 5.000 hektar dengan pola KKPA, dan sejak 2019 hutang pembiayaan pembuatan kebun tersebut sudah lunas kepada PT.CRS. tidak itu saja PT.CRS bisa mendapatkan inti atas dasar Kerjasama

“ dari awal lahan sudah diserahkan KUD sebanyak 10.000 hektar kepada CRS, dengan legalitas yaitu sebanyak 3.361 persil Sertifikat dan ditambah lagi dengan legalitas lainya, sehingga berjumlah 10.000 hektar”, paparnya

Terkait ditanya posisi Pabrik Kelapa Sawit (PKS ) CRS apakah berada di lahan Posisi sertifakat yang baru diserahkan tersebut?, Kirdi mengatakan, “Iya, benar lokasi berdirinya PKS berada di lahan sertifikat yang diserahkan, namun nantik kita akan berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN ) untuk bisa di rekapling lagi terkait posisi ini”.

Diketahui eksekusi penyerahan Sertifikat tanah tersebut sudah melalui tahapan yang Panjang dan melelahkan, sebab sudah turut memediasi Pihak Pemda Kuansing beserta DPRD Kuansing jauh sebelumnya. Terkahir baru sekitar awal januari lalu bisa disepakati oleh CRS untuk menyerahkan sertifikat sebanyak 3.361 persil di Pekanbaru.(***)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments