Senin, Februari 26, 2024
BerandaTak BerkategoriPatut Dicontoh, Pemdes Pulau Birandang Salurkan Bantuan Sembako ke Masyarakat ODP Covid-19

Patut Dicontoh, Pemdes Pulau Birandang Salurkan Bantuan Sembako ke Masyarakat ODP Covid-19

KAMPA -(auranews.co.id)- Walau Dana Desa belum cair, akan tetapi, langkah cepat selalu dilakukan Pemerintah Desa Pulau Birandang yang dipimpin Tomas Renaldo.

Kepala Desa Pulau Birandang Tomas bersama Camat Kampa Dedi Herman, Kepala Puskesmas Fitri Yeni, Babinsa, Babinkantibmas serta aparat desa membagikan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Ada 22 ODP di Desa Pulau Birandang, sebagian mereka baru pulang bekerja dari perantauan. Antara lain, dari Batam, Padang, Medan, Jawa, dan Malaysia.

Kebutuhan tersebut, terlebih dahulu dananya ditalangi secara pribadi oleh Tomas sembari menanti cairnya Dana Desa dari Pemerintah Kabupaten Kampar. Pemerintah telah menetapkan 150 juta dana desa dialokasikan untuk menghadapi wabah corona.

“Alhamdulillah kegiatan ini kita talangi dulu, kalau tidak bergerak cepat, bagaimana nasib masyarakat kita yang berstatus ODP bisa makan, sedangkan mereka saat ini diharuskan mengisolasi diri secara mandiri,” ungkap Tomas, Jum’at (03/04/2020) siang.

Diakui Tomas, penyaluran sembako juga dibantu dan bekerjasama dengan Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin, S.IP, M.I.POL. Dirinya tak menampik, bahwa penyaluran sembako ini termotivasi langsung dari program Jum’at berkah yang digagas Datuok Palo Panglimo Kampa itu.

Menurut Tomas, pembagian dilakukan merata secara bertahap bagi seluruh warga. Dalihnya, semua elemen masyarakat membutuhkan bantuan selama kebijakan berdiam diri dirumah diterapkan.

“Ada 22 ODP covid-19 di Desa kami yang berkategori kurang mampu, selama mereka mengisolasi diri 14 hari, maka mereka akan mendapatkan bantuan sembako. Kami berikan sebagai wujud kepedulian, karena mereka tidak bekerja lantaran kami minta mereka untuk isolasi,” terangnya.

Bantuan tersebut antara lain, berupa 10 kg beras, 1 papan telor ayam, minyak goreng, gula, sarden, teh, susu dan mi instan.

Selain sembako, Pemdes Pulau Birandang juga membagikan 600 unit masker ke masyarakat. Masker tersebut diproduksi sendiri oleh masyarakat yang dibina langsung Pemdes Pulau Birandang.

“Ini cara kami untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semoga semua desa di Kampar melakukan hal sama,” pungkasnya.

Selain itu, Pemdes Pulau Birandang juga memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengucilkan warga yang memiliki status ODP. Sebab, warga yang memiliki status ODP belum tentu terpapar virus Covid-19.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau wajib memberikan dukungan selama isolasi mandiri, namun social distancing dan physical distancing harus dilakukan.

“Kita sudah berikan edukasi ke masyarakat, untuk tidak mengucilkan mereka yang memiliki status ODP. Kita sudah dorong sama-sama membantu. Nanti ODP yang berasal dari Malaysia akan kita lakukan pengecekan dengan rapid tes oleh Puskesmas,” kata Tomas.

Untuk mempermudah masyarakat, Desa Pulau Birandang juga mendirikan posko relawan cegah covid-19 (RCC-19) yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kampar.

Posko ini adalah tempat pengaduan dan pelayanan warga cegah covid-19 di Desa Pulau Birandang. Tim relawan ini berjumlah 73 orang terdiri dari beberapa unsur yang ada di Desa Pulau Birandang.

Lokasi posko di depan Puskesdes, Pustu Desa Pulau Birandang yang dilengkapi dengan Ambulans, dan ruangan isolasi serta tempat tinggal bidan. (FLS)

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments