PASIR PENGARAIAN(AuraNEWS.id) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menaja Pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Tahun 2019 bertempat di Aula Nirwan Sikumbang Penginapan Putri Bungsu, jalan Sikumbang no. 33, Pasir Pengaraian Rokan Hulu, tanggal 3-9 Februari 2019.

Pelatihan ini diselenggarakan dalam 2 gelombang. Gelombang I dikuti oleh 26 orang peserta yang dimulai dari tanggal 3-6 Februari 2019 sedangkan gelombang kedua diikuti oleh 26 orang peserta yang mengikuti pelatihan dari tanggal 6-9 Februari 2019.

Dalam sambutannya pada Pembukaan Pelatihan Susenas Kabupaten Rohul Gelombang 2, Rabu (6/2/2019) Kepala BPS Rokan Hulu, Hari Prasetyo, M.Si, menyampaikan kepada calon petugas Susenas 2019 untuk mengikuti seluruh materi dalam pelatihan yang disampaikan oleh Instruktur Nasional (Innas) Ifra.

Disampaikan bahwa Susenas merupakan salah satu survey yang paling menantang karena merupakan survey primadona disebabkan datanya sangat ditunggu-tunggu oleh lembaga (stake holder) salah satunya tentang data kemiskinan,” ungkapnya.

“Susenas merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga (ruta) yang penting di Indonesia. Data hasil Susenas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Oleh karena itu, kesinambungan ketersediaan dan kualitas data Susenas harus tetap di jaga dan ditingkatkan,” terangnya.

“Susenas merupakan salah satu survey yang paling lengkap dalam penyajian datanya, baik itu data tentang pendidikan, ekonomi, kesehatan, pekerjaan dan data lainnya,” tambah Hari Prasetyo.

“Alhamdulillah pada Maret 2018 BPS Riau merupakan salah satu Provinsi yang mendapatkan predikat ‘Zero Error’, predikat ini mesti harus kita pertahankan dengan melakukan survey secara real kepada responden,” jelas Hari Prasetyo.

“Selamat mengikuti pelatihan, jaga kesehatan serta tetap semangat dan motivasi diri bahwa data yang kita hasilkan nantinya sebagai sumbangsih terhadap pembangunan di Rokan Hulu, Provinsi Riau dan Nasional secara Global,” harapnya.

Penulis : M. Syari Faidar