Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaDaerahKetua DPC AWI Rohul Alfian Minta Bagian Humas Pemkab Bisa Rilis Berita

Ketua DPC AWI Rohul Alfian Minta Bagian Humas Pemkab Bisa Rilis Berita

ROKAN HULU(AuraNews.id) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Wartawan Indonesia (DPC-AWI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Alfian Tob, meminta pihak Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Setda Rohul, hendaknya selain memberikan informasi kegiatan Pemkab Rohul, juga harus mampu mengirimkan perss realease (siaran pers) kepada setiap wartawan yang bertugas di wilayah Rohul.

“Sehingga semua informasi pembangunan Pemkab Rohul bisa dipublikasikan, diberitakan pada berbagai media massa, baik nasional maupun lokal,” tegasnya.

“Kita minta pihak Bagian Humas harus mencari anggotanya yang betul-betul mampu membuat perss release, sehingga jika ada kegiatan di luar daerah pihak Humas tidak perlu lagi membawa wartawan terlalu banyak. Jadi pihak Humas cukup mengirimkan rilisnya ke email media masing masing wartawan,” kata Alfian saat di temui di kantor AWI jalan Diponegoro, Kelurahan Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (26/12/2018).

Menurut Alfian selama ini, jika setiap ada kegiatan Pemkab Rohul di luar daerah, para wartawan semuanya berkeinginan untuk pergi melakukan peliputan, namun aneh nya biaya transportasi tidak ada, jikapun ada yang dibawa wartawannya itu ke itu saja. “Orang-orang nya sudah ditentukan oleh Humas, nah di sinilah kita khawatir akan terjadi kecemburuan sosial antar sesama kuli tinta,” ungkapnya.

“Memang kita akui kalau semua wartawan dibawa untuk ikut meliput tentu kondisinya tidak memungkinkan selain transportasinya tidak muat, juga pihak Humas tentu akan banyak mengeluarkan biaya seperti akomodasi, penginapan dan lain sebagainya. Tapi kami berharap pihak Humas harus lebih memahami jangan pilih kasih, ada wartawan yang diistimewakan dan ada wartawan yang dimarjinalkan, ini kan tidak fair namanya,” imbuhnya.

Alfian yang sudah sejak tahun 2005 aktif berkecimpung dalam dunia jurnalistik dan menulis berita di beberapa media baik cetak maupun online, juga meminta jika ada kegiatan Pemkab Rohul hendaknya pihak bagian Humas memberikan informasi kepada sejumlah media yang ditugaskan di wilayah Rohul cukup dengan pesan singkat melalui WhatsApps saja sudah cukup.

“Kita on line 24 jam,” tegas Ketua DPC AWI Rohul dan mengatakan ‎saat ini media yang telah bergabung keorganisasi yang dipimpinnya ada dua belas media baik dari online maupun surat kabar harian dan mingguan dari media lokal dan nasional.

Lebih lanjut Alfian‎ meminta pihak Humas harus lebih serius mencari anggota yang mampu membuat rellis berita. Paling tidak mengirimkan unsur-unsur berita yang dikenal dengan 5W+1H (+18) yakni apa kejadiannya, kapan terjadinya, dimana terjadinya, siapa yang terkait dalam kejadian itu, mengapa itu terjadi, dan bagaimana proses kejadiannya, lalu amankah jika kejadian tersebut ditulis, jadi bukan cuma hanya memphoto saja, sehingga kedepan dalam meliput berbagai kegiatan Pemkab Rohul ketika keluar daerah tidak ada wartawan yang merasa dianak-tirikan, karena tidak dibawa dalam melakukan kegiatan liputan di luar daerah,” tegasnya.

“Kita harus tahu lah semua wartawan itu mempunyai kewajiban dari pimpinan redaksinya untuk mengisi halaman Advertorial Pemkab Rohul khususnya bagi media yang telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Rohul, malah lebih ironi lagi bagi media yang belum ‎ diakomodir biasanya mereka di tuntut oleh redaksinya, untuk mengajukan kontrak kerja sama, belum lagi beban koran yang harus di tanggungnya‎,” pungkasnya.

Alfian berharap hendaknya Pemkab Rohul juga turut memperhatikan kesejahteraan‎ para wartawan yang bertugas di Rohul dan pihak Humas harus lebih transparan dan akuntable,” pungkasnya.
(***)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments