Rabu, April 10, 2024
BerandaDaerahKelola Blok Siak, PHE Siak Optimis Produksi Meningkat

Kelola Blok Siak, PHE Siak Optimis Produksi Meningkat

PEKANBARU (auranews.id)– PT. Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak) merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina Hulu Energi, yang mengelola wilayah kerja Siak sejak tahun 2014.

PHE Siak mengelola wilayah kerja Siak sebagai operator pada 2 (dua) lapangan aktif yaitu lapangan Lindai yang berada di Kabupaten Kampar dan lapangan Batang yang berada di Kabupaten Rokan Hilir.

Sejak mengoperasikan wilayah kerja Siak, PHE Siak terus meningkatkan laju produksinya dengan teknologi yaitu huff & puff, well service, workover dan berbagai optimasi produksi lainnya.

Capaian produksi per November 2018 sebesar 1805 bopd atau sekitar 100 % dari target Year To Date (YTD) RKAP tahun 2018.

Di bulan Maret 2018, PHE Siak telah melakukan pemenuhan komitmen RKAP 2018 yaitu pengeboran sumur eksplorasi Kumis-2 di Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kuntodarussalam, Kabupaten Rokan Hulu dengan temuan sumber daya in-place sebesar 9,64 Million Barrels of Oil (MMBO) atau sumber daya terambil sebesar 1,90 MMBOE (recoverable).

Atas capaian ini diharapkan produksi PHE Siak akan terus meningkat sehingga dapat menyumbang cadangan minyak untuk ketahanan energi negeri.

Di tahun 2019, PHE Siak berkomitmen dalam peningkatan produksi dengan merencanakan kegiatan eksplorasi yaitu pengeboran Sumur Eksplorasi Kotalama-3 di Kabupaten Rokan Hulu.

Pengeboran sumur eksplorasi ini diharapkan dapat menemukan sumber daya terambil sebesar 0,95 MMBOE sesuai dengan proposed revisi RKAP tahun 2019. Aktifitas eksplorasi untuk menemukan cadangan minyak bumi, selain melakukan kegiatan pengeboran, namun PHE Siak juga akan melaksanakan kegiatan survey seismic 2D yang gunanya untuk menemukan cadangan-cadangan baru di wilayah kerja Siak.

Pada bulan Agustus 2018, PHE Siak juga telah melaksanakan amanat Peraturan Menteri ESDM No 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% Pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi, dengan penandatanganan perjanjian bersama antara PHE Siak dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Riau Petroleum Siak dengan besaran participating interest sebesar 10% dalam pengelolaan wilayah kerja blok Siak.

Selain digenjotnya kegiatan peningkatan produksi dan demi terwujudnya kestabilan ketahanan energi negeri, PHE Siak melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat agar terciptanya keseimbangan dalam menjalankan operasional perusahaan. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dari tahun ke tahun terus dilaksanakan, baik di kabupaten Kampar maupun di kabupaten Rokan Hilir.

Di awal tahun berdirinya, PHE Siak di lapangan Batang telah berkomitmen dalam Festival Pulau Tilan di Kepenghuluan Rantau Bais, Rokan Hilir dan mendukung Kepenghuluan Rantau Bais sebagai desa wisata.

Seiring berjalannya waktu, Pulau Tilan digadang oleh masyarakat dan pemerintah daerah Rokan Hilir sebagai destinasi wisata alam Pulau Tilan.

Dukungan terhadap desa wisata Rantau Bais dan destinasi wisata Pulau Tilan, PHE Siak akan melaksanakan program-program unggulannya yaitu pembinaan Kelompok Sadar Wisata Pulau Tilan, Pelatihan dan Pembangunan Workshop Pengolahan Dodol Nanas yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Kab. Rokan Hilir, serta bidang lingkungan yaitu Pembinaan Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Tanah Putih, Rohil.

Di lapangan Lindai Kabupaten Kampar, PHE Siak aktif dalam pembinaan Sekolah Sepak Bola (SSB) Lindai Energi yang hingga kini diumurnya yang baru 2 tahun telah bisa mengirimkan anak didiknya untuk berlaga di pertandingan sepakbola antar SSB se Indonesia di malang, Jawa Timur.

Selain prestasi-prestasi anak didik, SSB Lindai Energi binaan PHE Siak telah melahirkan pelatih-pelatih handal dan wasit yang sering diundang untuk memimpin pertandingan-pertandingan skala regional.

Ditahun-tahun mendatang, PHE Siak terus optimis terhadap peningkatan produksi di wilayah kerja Siak baik peningkatan produksi pada lapangan aktif yang ada maupun dengan mencari cadangan-cadangan baru untuk dapat di produksi.

Program-program pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat membantu masyarakat yang ada di sekitar wilayah operasi bisa menjadi masyarakat yang mandiri, berkualitas dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Sumber: media PHE

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments