Jumat, April 12, 2024
BerandaDaerahMantan Ketua DPRD Inhu Tutup Usia

Mantan Ketua DPRD Inhu Tutup Usia

RENGAT(auranews.id) – Masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali kehilangan salah seorang putra terbaik yang juga seorang pemuka masyarakat. 

Kali ini, kabar duka datang atas wafatnya mantan Ketua DPRD Kabupaten Inhu H Marpoli (57) di Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina Air Molek Kecamatan Pasir Penyu, Ahad (4/11) sekitar pukul 08.20 Wib.

Almarhum sempat dirawat di RS Ibnu Sina Air Molek sejak Sabtu (3/11) sekitar pukul 18.45 Wib, akibat mengeluh kurang enak badan, sebelumnya sekitar enam bulan lalu juga diketahui mengidap penyakit kanker paru-paru. 

“Namun sebelum tutup usia, tidak pernah mengeluh sakit hingga sempat dirawat,” ujar salah seorang teman sejawat Almarhum yang juga tetangga alhmarhum H. Zaharman Kas kepada wartawan.

“Beliau ini orang baik-baik dan saya sampai sekarang masih teman akrabnya,” ucapnya.

Dijelaskan Zaharman, sebelum bergelut didunia politik dirinya bersama-sama dengan Almarhum bergaram sebagai kontraktor, dimana proyek yang kita kerjakan lebih banyak pada Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Berjalan waktu, akhirnya mereka terjun kedunia politik dan bergabung di Partai Golkar. Pada periode 1999 hingga 2004, keduanya terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Inhu yang saat itu Kedua DPRD Kabupaten Inhu di jabat oleh H Soegianto.

“Tidak hanya sampai disitu, pada periode berikutnya yakni 2004 hingga 2009, H Marpoli selain anggota juga dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Inhu,” ujarnya lagi. 

Mulus satu periode sebagai Ketua DPRD Inhu, pada periode berikutnya yakni 2009 hingga 2014 kembali dilantik sebagai Ketua DPRD Inhu. 

“Saat itu pula saya juga dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD. Namun waktu itu saya sudah dari PDI-P,” kenang Zaharman.

Ketika tidak lagi menjabat sebagai anggota legislatif, H Marpoli lebih banyak dirumah berkumpul dengan keluarga, begitu juga dengan H Zaharman Kas. Walapun keduanya sama-sama tidak lagi berkecimpung di Politik, keduanya diberbagai kesempatan tetap bertemu dan saling mengunjungi, hal ini terus berjalan hingga beliau tutup usia.

“H Marpoli meninggalkan satu orang istri yakni Ema Marpoli dan tiga orang anak,” jelasnya.

Dalam pada itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Inhu Adila Ansori yang juga hadir saat penyelenggaran jenazah mengaku kehilangan sosok selaku orangtua dan juga teman sejawat. 

“Beberapa anggota DPRD Inhu juga hadir termasuk Ketua DPRD Inhu Miswanto SE kerumah duka,” ujarnya.

Untuk itu harapnya, semoga perbuatan baiknya, baik selama menjabat sebagai anggota DPRD maupun sebagai masyarakat hendaknya dapat menjadi amal ibadah dan suritauladan untuk semua. 

“Beliau selama hidup juga panutan kita semua dan beliau telah dikebumikan di TPU Kusuma belakang Masjid Raya Air Molek,” terangnya.(Man)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments