Rabu, April 10, 2024
BerandaDaerahJelang Berakhirnya Pelaksanaan Vaksin MR, Puskesmas Gunung Sahilan Kejar Target

Jelang Berakhirnya Pelaksanaan Vaksin MR, Puskesmas Gunung Sahilan Kejar Target

GUNUNG SAHILAN(AuraNews.id) – Menjelang berakhirnya Program Pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) gratis pada tanggal 31 oktober 2018 mendatang, Puskesmas Gunung Sahilan I terus melakukan imunisasi MR ke sekolah – sekolah di wilayah kerja Puskesmas yang meliputi Desa Gunung Sahilan, Desa Sahilan Darussalam, Desa Subarak, Desa Sungai Lipai dan Desa Kebun Durian, Senin (29/10/2018).

Kepala Puskesmas Gunung Sahilan I, Iswadi Idris,SKM saat memberikan vaksin MR di SMP N 2 Desa Kebun Durian, Kecamatan Gunung Sahilan menyampaikan, menjelang berakhirnya program Imunisasi Measles Rubella (MR) ini kami kembali turun ke sekolah- sekolah untuk memberikan vaksin kepada anak- anak, karna sebahagian dari anak- anak ini masih ada yang belum dilakukan vaksin.

Iswadi menjelaskan pencapain pelaksanan imunisasi Measles Rubella (MR) di Kecamatan Gunung Sahilan berkisaran 73,51%, maka dari itu waktu dua hari menjelang berakhirnya program ini diupayakan mencapai target 95 % pada tanggal 31 Oktober 2018 nanti.

Jumlah cakupan anak yang akan di vaksin 2.223 anak , sampai hari ini kita sudah berikan vaksin kepada 1639 orang anak dan yang belum di vaksin 589.

“Insya allah dua hari ini 589 orang anak yang belum di vaksin akan kita tuntaskan,” ucap iswadi.

Ia menuturkan, pihaknya sudah berupaya memberikan imbauan kepada masyarakat mengenai vaksin tersebut.

Iswadi mengaku, kendala yang dihadapi dalam melaksanakan imunisasi, karena pengetahuan masyarakat yang masih belum maksimal dalam memahami pentingnya vaksin MR. Ia berharap, disisa waktu yang tinggal menghitung hari ini, kesadaran masyarakat yang belum melakukan suntik MR agar segera melakukan vaksinasi ini.

Iswadi menambahkan imunisasi vaksin MR penting sebagai pencegahan penularan campak dan rubella karena kedua penyakit tersebut belum dapat diobati.

“Vaksin campak itu untuk melindungi anak dari penyakit campak. Campak pada anak berbahaya bisa menyebabkan diare, ensefalitis (radang otak), kebutaan, gizi buruk hingga kematian. Tapi kalau imunisasi rubella pada anak untuk memutus mata rantai virus supaya tidak tertular pada ibu hamil,” terang iswadi.

Sementara itu, Camat Gunung Sahilan, Dedi Herman,S.STP yang ikut hadir dalam pemberian vaksin ini menghimbau kepada masyarakat untuk memberikan vaksin MR kepada anaknya, baik di sekolah maupun di Puskesmas.

Menurutnya, sebagai program strategis pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pemerintah daerah termasuk Pemerintah Kecamatan Gunung Sahilan diwajibkan membantu mensukseskannya.

“Bagi yang belum melakukan Vaksin, mamfaatkanlah waktu yang tinggal dua hari ini, segara berikan imunisasi MR kepada anak- anak kita. Mencegah lebih baik dari pada mengobati,” ucap Dedi.(PUt)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments