Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaDaerahBPBD Provinsi Latih Relawan Membentuk Desa Tanggap Bencana

BPBD Provinsi Latih Relawan Membentuk Desa Tanggap Bencana

KAMPA(AuraNews.id) – BPBD Provinsi Riau taja kegiatan Pelatihan Relawan dan evakuasi mandiri desa Tangguh Bencana, (28/10) di Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. 80 peserta diberikan materi dan praktek lapangan selama 6 hari ( 28 Oktober – 3 November 2018). Waktu enam hari dibagi menjadi 2 bagian, yakni 3 hari materi dan 3 hari Praktek lapangan.

Fasilitator dari BNPB, Dra. Hj. Rosmawati. Apt. M. Si kepada wartawan, Senin (29/10/2018) di sela pelatihan mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membentuk desa tangguh bencana. Dengan cara melatih masyarakat tempatan. “Masyarakat desa Pulau Rambai yang dijadikan sebagai objek pelatihan diajarkan untuk membuat suatu dokumen rencana kontinjensi,” ungkap Buk Ros sapaan akrapnya.

Rosmawati menjelaskan, bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat untuk mempersiapkan sumber daya manusia, sumber daya peralatan yang ada di desa itu agar siap menghadapi jika terjadi bencana. Draf rencana kontinjensi yang disusun akan menjadi rencana operasional bila terjadi bencana.

Rosmawati menambahkan, bahwa peserta diberikan beberapa materi pelatihan, diantaranya materi mengenai pengertian dan jenis – jenis bencana, materi pengurangan resiko bencana, materi mittigasi, pemetaan daerah resiko bencana, pemetaan tempat evakuasi, pemetaan aksi komunikasi, peringatan dini, dan membuat surat keputusan forum mengurangan resiko bencana.

“Pelatihan ini dibagi 3 bagian, diantaranya bagian pelatihan untuk relawan, pelatihan untuk menyusun draf rencana kontinjensi, dan setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan evakuasi mandiri. Adapun pada kegiatan evakuasi mandiri akan diuji hasil rencana renkontijensi yang telah disusun,” ungkapnya.

Rosmawati juga mengatakan, bahwa nara sumber kegiatan pelatihan diambil dari BNPB dan BPBD provinsi Riau. Sementara BPBD Kabupaten Kampar adalah sebagai pendamping.(**)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments