Minggu, April 14, 2024
BerandaDaerahTIK Berikan Pelatihan kepada 84 TPID se- Kabupaten Kampar

TIK Berikan Pelatihan kepada 84 TPID se- Kabupaten Kampar

BANGKINANG KOTA(AuraNews) -Tingkatkan Kapasitas dan pemahaman dalam pelaksanaan tugas Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Tim Inovasi Kabupaten (TIK) lakukan Pelatihan kepada 84 Pengurus TPID dari 21 kecamatan di kabupaten Kampar, yang diselenggarakan selama 5 hari sejak tanggal 25-29 september 2018 di Hotel Bangkinang Baru.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) se- Kabupaten Kampar di buka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa( PMD) Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan,S.STP, M.Si yang Juga merupakan Ketua Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kampar.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan,S.STP, M.Si pada saat pembukaan Pelatihan pada Rabu,(26/9/2018) mengatakan, bahwa dalam upaya peningkatan pembangunan di Kabupaten Kampar perlu di adakan kegiatan peningkatan kapasitas untuk pelaku- pelaku TPID demi ikut membantu dalam percepatan pembangunan di desa.

Program Inovasi Desa (PID) yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana desa baik sebagai pembangunan infrastruktur maupun pengembangan ekonomi.

“Maka dari itu TPID hadir sebagai langkah untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa (DD) dengan memberikan referensi dan inovasi pembangunan desa,” terang Febrinaldi.

Dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif dalam pembangunan desa secara lebih inovatif dan berkualitas.

“Sekaligus memfasilitasi peningkatan kapasitas desa-desa melalui penyedia peningkatan kapasitas teknis desa berdasarkan kebutuhan desa dalam mewujudkan replikasi kegiatan inovasi desa. Serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kader pemberdayaan masyarakat desa,” terangnya.

“Semoga pelatihan ini dapat berjalan lancar dan tercapai pada sasaran dan dapat melakukan pengembangan inovasi yang ada di desa,” imbuhnya

Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar Afrizal, S.Sos , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar yang di wakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Dedy Rochyani,Skm. M.Kes dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Layanan Publik H.Salmi Hadi, M.Si.(PUt)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments