Selasa, Juni 25, 2024
BerandaNasionalObor Asian Games 'Singgah' di Gedung DPR

Obor Asian Games ‘Singgah’ di Gedung DPR

JAKARTA(AuraNews) — Obor Asian Games 2018 sempat singgah di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelum dibawa menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). Pawai api obor tiba di Gedung DPR sekitar pukul 10.45 WIB.

Api obor dibawa oleh mantan atlet tinju Indonesia, Criss Jhon dan diserahkan ke Ketua DPR, Bambang Soesatyo di tangga halaman Gedung Nusantara atau Gedung Kura-kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. Pimpinan DPR yang turut mendampingi Ketua DPR adalah Wakil Ketua DPR, Utut Adianto yang juga mantan atlet catur nasional.

Setelah menerima obor dari Criss Jhon, Bambang berkesempatan menyulutkan api obor dan menyerahkan kepada Utut.

“Semoga kemenangan diraih para atlet Indonesia di Asian Games 2018,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya setelah memberikan api obor.

Utut pun kemudian membawa obor menuruni tangga menuju ke depan pintu gerbang utama DPR. Di depan pintu gerbang DPR, api obor kemudian sudah ditunggu oleh Anggota DPR, Bara Hasibuan. Api obor dari Utut kemudian disulutkan ke obor yang dibawa oleh Bara Hasibuan. Rencananya api obor akan dibawa Bara hingga Gedung Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

Api obor singgah di Gedung DPR setelah 36 hari melewati 18 Provinsi serta 54 Kabupaten dan Kota, untuk selanjutnya akan dibawa menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk acara pembukaan Asian Games 2018.

Sebelumnya, Jumat (17/8/2018), kirab obor Asian Games 2018 tiba di Istana. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyambut obor yang dibawa mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin.

Jokowi tampak mengenakan baju kontingen Indonesia di Asian Games dengan memakai kaus putih berkerah merah, celana warna merah, dan sepatu sneakers. Kirab obor sampai di Istana pada pukul 16.20 WIB. Jokowi yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pun menyambut obor tersebut dengan berlari.

Estafet obor dimulai setelah api obor yang dibawa oleh Verawaty berlanjut ke obor yang dibawa oleh Presiden. Jokowi berharap api obor Asian Games ini dapat menjadi simbol persahabatan dan sportifitas pertandingan.

“Semoga api Asian Games ini menjadi lambang dan simbol persahabatan simbol sportifitas dalam perhelatan Asian Games 2018,” ujar Jokowi.

Kendati demikian, saat berlari, api obor yang dibawa oleh Presiden tiba-tiba mati. Jokowi pun menghentikan langkahnya dan menunggu api obor kembali dinyalakan.

Setelah api kembali menyapa, ia melanjutkan berlari hingga panggung Istana. Kemudian, obor tersebut diserahkan ke Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir.

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments