Kamis, April 11, 2024
BerandaEkonomiHarta Calon Anggota DPD Papua Capai Rp 20 Triliun

Harta Calon Anggota DPD Papua Capai Rp 20 Triliun

(AuraNews.id) – Wilhelmus Rollo, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Papua, mendadak jadi sorotan. Pasalnya, ia memiliki harta kekayaan dengan nilai fantastis.

Bagaimana tidak, dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara negara (LHKPN) yang telah diserahlan ke KPK, harta Wilhelmus ini diketahui mencapai Rp 20 triliun.

Dari situs kpk.go.id, diketahui bahwa total harta yang dilaporkan oleh Wilhelmus adalah Rp 20.005.765.593.909. Dalam laporan bertanggal 9 Juli 2018 tersebut, tertulis status laporannya terverifikasi lengkap. Proses verifikasi ini bersifat administratif.

“Kami menerima laporan kekayaan calon anggota DPD sesuai aturan. Ada salah satu calon yang sampaikan kekayaannya senilai tersebut,” terang Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (3/8/2018), dikutip dari liputan6.com.

Febri mengatakan, Wilhelmus bisa memiliki harta kekayaan dengan nilai triliunan karena memiliki sebidang tanah di Jayapura, Papua.

Menurut Wilhelmus, tanah miliknya itu mengandung mineral dan emas yang belum ditambang, sehingga harganya selangit.

Mengenai harta kekayaan Wilhelmus ini, KPK berencana akan mengusut kebenarannya jika Wilhelmus terpilih sebagai anggota DPD.

“KPK akan memverifikasi setelah yang bersangkutan terpilih,” tegas Febri.

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) merupakan salah satu syarat untuk mendaftar sebagai anggota DPD. KPK juga telah mempersiapkan loket khusus pendaftaran LHKPN untuk para bakal caleg (bacaleg) DPD RI sejak 4 hingga 19 Juli 2018 lalu.

Dari laporan tersebut, diketahui harta kekayaan Wilhelmus jauh diatas sejumlah calon lainnya.

Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO) yang terdaftar sebagai salah satu bacaleg DPD untuk Kalimantan Barat, tercatat memiliki harta Rp 449.490.497.196. Dalam situs tersebut tertulis status diumumkan lengkap.

Bacaleg lain bernama Muhammad Aunul Hadi Idham Chalid tercatat memiliki harta senilai Rp 474.232.668.000. Sedangkan Almalik Pababari, bacaleg DPD asal Sulawesi Barat, diketahui memiliki harta Rp 105.330.675.687.

Harta ketiga bacaleg yang mencapai ratusan miliar rupiah ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan harta Wilhelmus senilai Rp 20 triliun.

Sumber: suratkabar.id

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments