Senin, Juni 24, 2024
BerandaDaerahPerayaan HPI Riau Akan Digelar Di Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung...

Perayaan HPI Riau Akan Digelar Di Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan

GUNUNG SAHILAN(auranews.id) – Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Riau akan dilaksanakan di Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, lokasi kegiatan HPI di Kabupaten Kampar akan di pusatkan di Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan pada tanggal 04 Agustus 2018.

Hal ini disampaikan oleh Kunni Masrohanti, pimpinan/penanggung jawab acara Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS) saat rapat persiapan acara di Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Sabtu (27/7/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS) dengan berbagai komunitas lainnya setiap tahun ini akan diramaikan dengan berbagai rangkaian acara. Mulai dari puisi tentang Kerajaan Gunung Sahilan, tentang Rantau Kampar Kiri dan tentang Bukit Baling serta pembacaan sejarah singkat Kerajaan Gunung Sahilan.

Kunni Masrohanti, pimpinan/ penanggung jawab acara KSRS menyampaikan alasan mengapa Istana Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan menjadi salah satu lokasi pelaksanaan perayaan HPI disebutkan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan merupakan salah satu situs kerajaan tertua di Riau, Rantau Kampar Kiri secara keseluruhan adat istiadat masih terjaga dengan baik serta alam Rantau Kampar Kiri yang terjaga salah satunya Hutan Rimbang Baling. Maka dari itu kita bertekat mempertahankan ini semua melalui karya satra.

“Maka dari itu melalui HPI tahun ini kita mengajak semua Penyair Riau untuk bergabung dan kita juga mengajak penyair dari berbagai provinsi di Indonesia bahkan mancanegara untuk hadir bersama, kita ingin mengenalkan secara nasional bahkan Internasional inilah kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan, Alhamdulillah sudah banyak yang bersedia hadir mereka datang dengan biaya sendiri,” terang Kunni.

Lebih lanjut Kunni menyampaikan Penyair luar Riau dan negara yang datang tersebut merupakan penyair yang puisinya terkumpul dalam antologi Kerajaan Gunung Sahilan dalam puisi yang akan dilluncurkan pada puncak perayaan.

Sampai saat ini puisi yang bertajuk Kerajaan Gunung Sahilan yang sudah masuk ke email KSRS hampir 600 puisi yang nanti akan kita seleksi dan akan kita jadikan sebuah buku, dalam perkiraan kita buku akan kita cetak sebanyak 500 yang akan kita bagikan kepada peserta yang hadir dan perpustakaan.

Raja Gunung Sahilan, H. Tengku Muhammad Nizar bergelar Yang Di Pertuan Agung menyambut baik kegiatan yang akan di laksanakan oleh Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS).

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dari pihak kerajaan telah ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Hari Puisi Indonesia di Riau. Semoga kegiatan ini nanti bisa mengenalkan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan secara nasional bahkan Internasional,” ungkap Raja Gunung Sahilan.

Selanjutnya Camat Gunung Sahilan, Dedi Herman, S.STP menyampaikan sangat mendukung kegiatan ini di laksanakan di Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.

“Kerajaan Rantau Kampar Kiri merupakan satu dari 6 prioritas pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Kampar, tentu dengan ditunjuknya Kerajaan Rantau Kampar Kiri menjadi tuan rumah pada perayaan peringatan HPI akan dapat meningkatkan dan mengenalkan destinasi wisata budaya di kabupaten Kampar,” terangnya.

“Untuk itu dukungan dari seluruh masyarakat, Dinas terkait dan pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk pengembangan destinasi wisata yang ada di Rantau Kampar Kiri,” harap Dedi. (PUt)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments