Minggu, April 21, 2024
BerandaDaerahSetelah Dilantik, Kades Kuok Selenggarakan "Olek Sapokok"

Setelah Dilantik, Kades Kuok Selenggarakan “Olek Sapokok”

KUOK(auranews.id) – Setelah dilantiknya Khairisman, S.H sebagai Kepala Desa Kuok, Kecamatan Kuok, pada 04 Juli yang lalu oleh Bupati Kampar, H. Azis Zaenal di Bangkinang, kini masyarakat di Desa Kuok akan mengadakan acara syukuran yang sudah menjadi tradisi.

Setelah diadakan pemilihan dan pelantikan Kepala Desa terpilih, masyarakat Desa Kuok akan menyelenggarakan syukuran di kediaman Kades terpilih, Khairisman, S.H. Acara syukuran tersebut akan diselenggarakan pada hari Kamis, 12 Juli besok.

Saat ini, Rabu (11/7/2018) dari pantauan media dilapangan terlihat ratusan pengunjung yang hadir sedang melakukan pemotongan dan pembersihan daging hewan kerbau sebanyak 2 ekor kerbau yang baru saja disembelih.

“Rangkaian acara ini berlangsung selama lebih kurang 2 hari yang mana pada pagi ini diawali dengan penyembelihan 2 ekor kerbau dan acara puncaknya akan dilakukan besok, (Kamis_red), pada hari tersebut Insya Allah akan dihadiri oleh seluruh elemen-elemen masyarakat,” ujar Khairisman, S.H atau yang sering dipanggil Andis kepada AURANEWS di sela-sela kesibukannya bersama masyarakat.

“Syukuran yang kita adakan ini merupakan syukuran masyarakat Desa Kuok atas dilantiknya Kepala Desa yang baru, jadi dalam hal ini untuk kedepannya semoga tidak ada lagi perbedaan diantara kita, kegiatan ini terlaksana tentunya oleh kerja sama yang baik dari masyarakat, baik itu dari para donatur maupun dari sumbangan orang perorang”, ungkap Andis.

Terlihat ramai dan antusiasnya masyarakat yang hadir serta melakukan aktivitas pada kegiatan ini yang merupakan pesta masyarakat terhadap Kades terpilih tersirat harapan-harapan untuk kemajuan pembangunan di Desa Kuok.

“Syukuran ini merupakan pesta masyarakat Kuok karena telah dilantiknya Kepala Desa yang baru, yang mana tersirat harapan masyarakat Kuok yang menggantungkan harapan-harapan kepada Kades yang baru”, tambah Andis.

Kegiatan syukuran sepert ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Desa Kuok, setiap adanya pemimpin atau Kepala Desa yang dilantik dan ini juga dilaksanakan pada pemilihan Kepala Desa sebelumnya

“Kegiatan ini sebelumnya juga dilakukan seperti ini, biasanya setiap pemilihan Kepala Desa dan dilantiknya Kepala Desa, hal ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Desa Kuok”, sambung Andis.

Tak hanya sampai disitu Kades juga mengundang seluruh elemen masyarakat untuk menghadiri “Olek Sapokok” (Pesta Tunggal) karena merupakan pesta masyarakat.

Dari ratusan pengunjung terlihat hadir Tokoh-tokoh Masyarakat, seperti: Nurdin, Marzuki, Hj. Harmaini, Yasin, Ustadz Idin Mahmud, H.Martunis, Ir. Fahmi, Rowi, Rudi, Hj. Nurlis BA Ahmad, Tokoh Agama, Tokoh Adat,  Pemuda Desa Kuok pada umumnya, dan tidak ketinggalan pula terlihat kaum ibu-ibu yang sedang beraktivitas.(PJr)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments