Senin, Juni 24, 2024
BerandaDaerahMusik Tradisional Calempong Meriahkan Silaturrahmi Masyarakat dengan Danyon 132/BS

Musik Tradisional Calempong Meriahkan Silaturrahmi Masyarakat dengan Danyon 132/BS

SALO (auranews.id) – Acara silaturrahmi dalam suasana lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah yang digelar di Rumah Dinas Danyon 132/Bima Sakti di meriahkan langsung oleh alunan musik tradisional calempong khas Kabupaten Kampar.

Masyarakat yang hadir dalam acara silaturrahmi, Sabtu, (16/6/2018), terlihat sangat terhibur oleh pagelaran musik tradisional calempong yang dimainkan oleh anak-anak yang masih menempuh pendidikan di bangku Sekolah Dasar.

Group musik tradisional warisan kebudayaan ini berasal dari Pulau Birandang, Kecamatan Kampa yang lebih dikenal dengan nama Panglima Gong.

Kepada auranews, Khairil Azhar, yang merupakan Pelatih dari Panglima Gong menyampaikan bahwa Kelompok Musik Tradisional Panglima Gong baru terbentuk sejak Januari 2017.

“Dalam waktu 3 bulan anak-anak binaan sudah bisa tampil di panggung memainkan alat musik calempong yang sebelumnya cuma dimainkan oleh orang dewasa, alhamdulillah, cepat sekali daya serap dan perkembangan mereka, padahal kami dulunya mentargetkan waktu 2 tahun baru anak-anak bisa tampil di panggung”, ungkap Khairil dengan antusias.

Selain mahir memainkan musik tradisi asli Kampa (asiacuong, badikiu, bapantun, basilek), personel Panglima Gong yang berjumlah 13 orang juga sangat piawai memainkan calempong dengan langgam/lagu Jawa, Batak, Minang dan Melayu tanpa berhenti.

“Kemarin di bulan April kami baru saja tampil di Tembilahan memenuhi undangan di acara pesta pernikahan, selain itu kami juga sering tampil di Pekanbaru, Simalinyang serta Bangkinang sekitarnya. Setelah lebaran ini kami akan tampil di Batam yang diundang oleh Ikatan Keluarga Kampar (IKK)”, terang Khairil.

“Kami berharap kepada Pemerintah dan para pemerhati kebudayaan tradisional untuk mau membantu kami membuatkan sanggar atau gedung kesenian di Pulau Birandang, sehingga potensi musik tradisional calempong warisan kebudayaan leluhur ini bisa dikembangkan lagi”, tutup Khairil.

Panglima Gong, musik tradisional warisan kebudayaan Kampa merupakan binaan dari Danyon 132/BS, Letkol Inf Aidil Amin, S.IP., M.I.POL yang bergelar Datuok Palo Panglimo Kampa.
Pelatih : Khairil Azhar
Ibu Pengasuh : Deby Kartika
Pembimbing : H. Harudin bergelar Datuok Palimo Bosou
Alamat : RW. 02, Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa.
HP : 0823 8665 3318, 0823 8747 0744, 0852 6586 7124. (FDr)

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments