Senin, April 15, 2024
BerandaDaerahJadi Motivator di SMAN 1 Bangkinang Kota, Staf Ahli Gubri: Tak Ada...

Jadi Motivator di SMAN 1 Bangkinang Kota, Staf Ahli Gubri: Tak Ada Yang Tak Mungkin

BANGKINANGKOTA(auranews.co.id) – Staf Ahli Gubernur Riau (Gubri) Bidang Pemerintahan, Hukum dan SDM, Yurnalis Basri, S.Sos, MSi berkunjung ke SMA Negeri 1 Bangkinang Kota dalam rangka memberikan motivasi kepada ratusan siswa-siswi kelas XII yang sebentar lagi menduduki bangku kuliah.

Pertemuan diadakan di Aula SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Sabtu (12/2/2022). Tampak hadir Kepala SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, H. Hendra Yunal, Ketua Komite SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Drs. H. Amirullah, Muhammad Zein, Enny Agustiarti, Charli Suhardi, para ibu-bapak guru lainya serta ratusan siswa siswi.

Saat berpidato, Yurnalis Basri membuat para siswa-siswi terlihat bersemangat dan memberikan tepuk tangan.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan kisah sulit berjuang semasa sekolah, namun karena semangat yang tinggi, rajin belajar dan mendapat dukungan dari keluarga serta para bapak dan ibu guru, akhirnya bisa mendapat prestasi sebagai siswa undangan melalui PBUD (Penjaringan Bibit Unggul Daerah) diterima jadi mahasiswa UGM (universitas Gajah Mada) Yogyakarta tahun 1991.

“Untuk adinda-adinda ketahui, alumni SMA Negeri 1 Bangkinang ini banyak yang sukses pada bidangnya. Jadi, percayalah jika kita bersungguh-sungguh tidak ada yang tidak mungkin,” sebut Yurnalis sembari disambut tepuk tangan.

Sosok pria berusia 50 tahun itu, merupakan anak jati dusun Cubodak Desa Muara Uway. Ia merupakan anak dari pasangan H. Basri dan  Hj. Rosna. Yurnalis juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Bangkinang angkatan 91.

Yurnalis juga menceritakan pengalamannya semasa kuliah S1 di UGM Yogyakarta. Datang dan kuliah dengan kondisi seadanya, ia mampu menyelesaikan S1 nya dalam kurun waktu dibawah 4 tahun dengan menorehkan prestasi.

Ia terpilih sebagai lulusan terbaik (cumlaude) dengan IPK 3,65 pada Fakultas Fisipol jurusan Sosiatri. Dari 1000 orang yang wisuda saat itu di UGM dan kebetulan saat sebelum wisuda ada satu orang yang meninggal dunia, Yurnalis menjadi terbaik ke-2 se Indonesia.

“Semoga kisah sulit dan kesungguhan yang saya sampaikan bisa menjadi motivasi untuk semua para siswa. Semoga silaturahmi ini bisa terjalin baik diantara kita,” ungkap Yurnalis yang juga sekaligus Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau.

Sementara, Kepala SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, H. Hendra Yunal merasa bangga dan bahagia dimana SMA Negeri 1 Bangkinang Kota mendapat kunjungan dari salah seorang alumni yang sukses pada bidangnya.

“Kami dari pihak sekolah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kunjungan ini. Semoga apa yang disampaikan oleh Pak Yurnalis bermanfaat untuk kita semua,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komite SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Drs. H. Amirullah yang juga merupakan Kepala sekolah saat Yurnalis bersekolah menyampaikan rasa bahagianya karena masih bisa berjumpa dengan muridnya pada umurnya yang sudah senja.

“Alhamdulillah, sampai hari ini masih bisa berjumpa dengan salah seorang siswa yang sukses berkarir di Pemerintahan Provinsi Riau. Saat ini, umur sudah 78 tahun. Selamat datang kepada anak kami, Yurnalis,” ujar Amirullah.

Pada akhir acara tersebut berlangsung rasa haru dan bangga serta bahagia, atas motivasi yang disampaikan oleh sang motivator Yurnalis Basri, semoga bermanfaat bagi semua yang hadir pada acara silaturahim antara para guru, siswa dan alumni SMANSa Bangkinang Kota.***

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments