Senin, Februari 26, 2024
BerandaDaerahKebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Jalan Bulan Ujung, Bupati Rohil dan...

Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Jalan Bulan Ujung, Bupati Rohil dan TNI Polri Terjun Kelokasi

ROKAN HILIR(auranews.co.id) – Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) langsung kelapangan untuk meninjau kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jalan Bulan Ujung, kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) provinsi Riau, Minggu (01/03/2020). Ikut meninjau lokasi tersebut Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rahman Wahyudi dan jajaran TNI-Polri.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh anggota TNI Polri, Manggala Agni juga BPBD, PT Diamond, perusahaan-perusahaan yang ada di sini ikut bersama-sama menangani kebakaran hutan dan lahan,” kata  Suyatno.

Dikatakan orang nomor satu di Rohil bahwa tim Karlahut Rohil merupakan tim yang berani dan sangat luar biasa bagi dirinya. Oleh sebab itu Ia memberikan apresiasi dan terima kasih.

“Saya juga tidak sendiri, ada Pak Dandim 0321/Rohil, ada wakil ketua DPRD yang secara langsung menyaksikan kondisi terakhir,”ujarnya.

Dijelaskannya, hari ini luas lahan yang terbakar itu lebih kurang 3 hektar yang bisa disaksikan secara bersama-sama di lapangan. Lanjutnya menegaskan bahwa semua anggota bergerak untuk memadamkan api yang terjadi di kawasan Jalan Bulan Ujung dan sekitarnya.

“Pelakunya sudah ditangkap oleh Kapolsek Bangko dan sekarang dalam proses hukum ditangani oleh Polsek Bangko,”ujarnya.

Harapan bupati Rokan Hilir ini kepada masyarakat yang punya kebun agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Hal ini, sebut H.Suyatno, sudah berulang-ulang kali imbauan baliho dan lain sebagainya dilakukan. bahkan dengan pengumuman-pengumuman agar jangan terjadi Karlahut di daerah Rokan Hilir ini.

“Namun pada saat kita lengah dia membakar. Ada yang perlu kita ingatkan kembali kepada masyarakat risiko-risiko dan akibat jika membakar lahan yakni proses hukum bilamana kedapatan membakar hutan dan lahan,”tuturnya.

Dikatakannya, tindakan pemantauan akan senantiasa dilaksanakan, apalagi melihat kondisi cuaca yang belum bersahabat karena kondisi cuaca panas terik yang melanda daerah Rokan Hilir ini.

“Tidak bisa kita biarkan, tidak bisa kita tinggalkan makanya tim terus bergerak boleh dikatakan setiap saat di sini terus memantau situasi kebakaran hutan yang ada di Jalan Bulan Ujung Bagansiapiapi,”ujarnya.

Sekali lagi orang nomor satu di Rohil menegaskan kepada masyarakat pemilik kebun agar jangan lagi membakar hutan dan lahan. Dijelaskannya, tadi dia sudah melakukan komunikasi dengan semua camat wilayah Rokan Hilir agar selalu berkomunikasi dan memberikan laporan kepada dirinya.

“Diharapkan semua alat maupun personil Manggala Agni selalu stanbay untuk turun ke lapangan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan,”pungkasnya.(Jum /Zar)

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments