Minggu, Maret 3, 2024
BerandaDaerahFTBM Rokan Hulu Taja Pelatihan Mendongeng dan Menulis Cerita Rakyat

FTBM Rokan Hulu Taja Pelatihan Mendongeng dan Menulis Cerita Rakyat

PASIRPENGARAIAN(AuraNEWS.co.id) – Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rokan Hulu mengundang pendongeng dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Riau.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu Drs H. Ibnu Ulya, M.Si. Peserta pelatihan terdiri dari guru, peserta didik serta pemilik atau pengelola Taman/ Rumah baca di Rokan Hulu.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di Aula PGRI Dinas Pendidikan, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (29/2/2020).

Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Rokan Hulu, Nirma Herlina, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengembangkan kompetensi masyarakat dalam bidang literasi sehingga mereka semakin berminat untuk membaca dan menulis serta menuangkan dalam sebuah cerita atau dongeng.

Seluruh peserta baik siswa maupun guru sangat terlihat apresiasi dengan materi yang disampaikan salah satunya saat menyerukan yel-yel sebelum Dahrial Iskandar, S.Ip yang biasa disapa Kak Dadang mulai mendongeng.

Beberapa peserta pun mulai bertanya mengenai tentang pelatihan cara Mendongeng, diantara peserta bertanya bagaimana cara membuat anak senang dalam mendongeng, kami sebagai guru sudah memaksa anak-anak untuk belajar, tapi anak-anak masih tidak tertarik dengan belajar.

Adapun jawaban Dahrial Iskandar S.Ip, yakni cara untuk mengajak anak-anak tertarik dengan mendongeng yaitu harus pandai membujuk si anak tersebut, dengan memberikan sebuah hadiah atau apresiasi agar ia semangat dalam pekerjaan nya,” ujarnya.(***)

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments