Senin, Februari 26, 2024
BerandaDaerahTony Hidayat Minta Pejabat Pahami Tugas Wartawan

Tony Hidayat Minta Pejabat Pahami Tugas Wartawan

KAMPAR(auranews.co.id) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar, Tony Hidayat, SE menyayangkan jika ada pejabat yang membatasi komunikasi dengan wartawan.

Menurutnya, pejabat publik harus terbuka sejauh masih menggunakan ruang publik, kecuali disaat kondisi menggunakan ruang privat seperti dirumah sendiri.

Hal ini dikatakan Tony menanggapi pemberitaan yang berjudul Aneh, Mau Jumpa Kadiskes Kampar Disuruh Ninggalin HP di Penjagaan Satpam yang terbit Rabu (15/1/2020) kemarin.

Politisi Demokrat ini mengaku, setelah membaca berita tersebut, ia mencoba menghubungi Kadiskes Kampar, Dedy Sambudi untuk meminta penjelasan.

“Namun, itu hanya miss komunikasi antara wartawan tersebut dengan staf, ia mengaku selalu terbuka untuk wartawan,” kata Tony, Kamis (16/1/2020).

Selama ini, kata Tony, kemanapun ia pergi kunjungan baik ketemu gubernur ataupun bupati, belum pernah menyuruh meninggalkan HP.

“Bagi pejabat publik, harus ngerti tugas wartawan, mereka bekerja sudah diatur oleh Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999 dan harus berjalan sesuai kode etik jurnalistik, jadi jangan dihalangi tugas wartawan,” kata Pria yang pernah berkiprah di dunia jurnalistik tersebut.

Kemudian, ia juga meminta wartawan untuk bisa memahami pejabat yang tidak mau berbicara ketika dimintai menjadi narasumber.

“Mungkin ketika ada pejabat yang dimintai keterangan mengatakan no coment atau of the record. Pada situasi seperti ini wartawan juga harus mengerti. Ya, intinya pejabat dan wartawan harus saling mengerti dan menghargai,” tegasnya.***

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments