Rabu, Juni 18, 2025
BerandaDaerahKualitas Pelayanan Rendah, Disdukcapil Rohul Dikritik Warga di Sosmed

Kualitas Pelayanan Rendah, Disdukcapil Rohul Dikritik Warga di Sosmed

ROKANHULU(AuraNEWS.id) – Rendahnya kualitas pelayanan dalam pengurusan administrasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) membuat salah seorang pengunjung (UO) kecewa dan memposting keluhan atas pelayanan tidak prima tersebut di akun media sosial facebooknya, Jum’at (2/8/2019) pukul 17:27 WIB.

Dari pantauan AuraNEWS.id, Ahad (4/8/2019) postingan di media sosial facebook yang disertai video berdurasi 46 detik tersebut sontak viral dan sudah di like sebanyak 623 kali dan dikomentari sebanyak 639 komentar.

Berikut isi postingan tersebut : Jujur saya kecewa dengan pelayanan Disdukcapil Rohul, sudah hampir sejam berkas saya tidak di kerjakan petugas malah sibuk dengan kosmetik yg dibelinya, juga dengan brosur pruduk2 lainya, ketika saya tegur baru dikerjakan itupun berkas tidak jadi diterima karena alasan sudah jam 3, kantor tutup, sebelumnya saya disuruh foto copy satu lmbar berkas, saya pergi dan ketika kembali ditolak alasan sudah jam 3, saya minta tolong titip aja karena saya jauh dan tidak selalu sempat ke Pasir karena saya bekerja dan tidak mungkin izin terus tapi mereka juga menolak, ketika ada yang bertanya karena kurang tau syarat dan prosedur ( misalnya orang sudah tua, atau yang kurang pendidikan, dll) mereka menjawab dengan muka kesal dan ketus juga nada tinggi, mereka juga lebih memilih mengobrol daripada mengerjakan berkas bertumpuk di atas meja kerja mereka.

Nah, saya bertanya tanya seperti inikah seharusnya abdi negara? Pelayanan mereka tidaklah sedikitpun memuaskan, terkadang hal2 administrasi sepele yang sebenarnya bisa diatasi mereka juga tolak dan pemohon harus tetap ribet bolak balik tak peduli seberapa jauh,

Ini jugalah mengapa ramai orang lebih memilih menggunakan jasa “calo” karena selalu dipersulit,

Saya posting ini sebagai perwakilan suara dari masyarakat lainya yang sering mengeluh terkait instansi ini.

Beragam reaksi pro-kontra mengomentari postingan itu, salah satunya dari akun Tarmizi Mizi yang berkomentar, “Perlu revolusi mental….!!! Jgn karena gratis pelayanan pd masyarakat diabaikan. Klu bisa cepat kenapa harus di pelambat.”

Dilansir dari Riausmart.com, untuk hal ini, Kadis Dukcapil H. Syaiful Bahri akan mencek setiap pegawainya dimasa yang akan datang. Mengingat banyaknya pengaduan terhadap kinerja Disdukcapil akhir-akhir ini.

Mungkin ini adalah salah satu bentuk kekecewaan masyarakat tentang kinerja Disdukcapil Kabupaten Rokan Hulu saat ini. Dan masih banyak lagi kekecewaan masyarakat diluar sana yang tidak terekspos. Masyarakat hanya menginginkan kinerja pegawai yang semestinya, dan apabila pegawai tidak bisa bekerja optimal, maka Kadis bersangkutan bisa mencari pegawai lain yang ingin bekerja. Bukan sebatas yang ingin bekerja saja. Mengingat banyaknya pengangguran di Rokan Hulu.

Penulis/Editor: MS Faidar

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments