Rabu, Juli 17, 2024
BerandaDaerahManfaatkan Dana Desa, Puluhan Masyarakat Desa Batu Belah Ikuti Pelatihan Menjahit

Manfaatkan Dana Desa, Puluhan Masyarakat Desa Batu Belah Ikuti Pelatihan Menjahit

KAMPAR (Auranews.id) – Sebanyak 30 orang masyarakat Desa Batu Belah Kecamatan Kampar mengikuti pelatihan menjahit. Pelatihan tersebut merupakan upaya Pemerintah Desa untuk mengembang keterampilan masyarakat, Mengingat anjloknya harga karet yang merupakan salah satu sumber mata pencarian sebagian besar masyarakat Desa Batu Belah.

“Mengingat anjloknya harga karet, pemerintah Desa Batu Belah adakan pelatihan menjahit agar ketika musim hujun tidak begitu berpengaruh lagi perekonomian keluarga. Dengan skill dan keterampilan menjahit setidaknya bisa mendatangkan pundi-pundi ekonomi bagi masyarakat,” ujar M.Zahril Kepala Desa Batu Belah.

Pelatihan ini merupakan hasil musyawarah Pemerintah Desa dan LPM Desa Batu Belah dengan memanfaatkan anggaran Dana Desa. Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Desa selama enam hari terhitung sejak, Sabtu 22-27 Desember 2018 yang dimentori oleh Dra. Ernita.Kepala Desa (Kades) Batu Belah M.Zahril membuka langsung pelatihan menjahit tersebut. Turut hadir Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Batu Belah Marwan S.HI, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Drs. Zufri, Kadus-Kadus Desa Batu Belah, Ibu PKK dan para pendamping Desa.

Kades Batu Belah berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan SDM masyarakat. Disamping pembangunan infrastuktur, justru pembangunan SDM itu juga tidak kalah pentingnya.

Kepada wartawan Auranews.id Ketua LPM Desa Batu Belah Marwan S.HI mengaku akan terus mendorong dan membantu Pemdes untuk melakukan inovasi baru untuk mengembangkan SDM Masyarakat. Terutama generasi muda mengingat mereka adalah unjung tombak pembangunan masyarakat Desa.

“Kita akan terus mendorong Pemdes untuk merangkul tenaga profesional lainnya juga. Karena tidak semua pemuda mendapat pendidikan yg mumpuni, dan disitulah peran dan tanggung jawab pemerintahan desa dan stakeholder memberikan bimbingan keterampilan dan keahlian sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Kita harus bekerjasama mengembangkan bidang lainnya, seperti bidang perikanan dan pertanian. Kami juga siap bahu membahu untuk membantu dengan mengejar anggaran dana dari pihak swasta,” jelas Marwan.

Di akhir acara ketua BPD Desa Batu Belah Drs. Zufri mengaku sangat mengapriasasi kegiatan seperti ini. “Ini terobosan yang bagus untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Kepada peserta saya berharap untuk bersungguh-sungguh menekuni pelatihan ini,” tutup Zufri. (Dws)

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments