Jumat, April 12, 2024
BerandaDaerah153 Pesilat dari 14 Perguruan "Balago" di Kampar

153 Pesilat dari 14 Perguruan “Balago” di Kampar

BANGKINANG KOTA(AuraNews.id) – Sebanyak 153 pesilat (atlit) berlaga (Balago,Ocu-red) dalam Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat yang digelar Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengkab IPSI) Kabupaten Kampar di Padepokan Pecak Silat Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, 25-28 Oktober 2018. 153 Pesilat itu berasal dari 14 perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Kampar.

153 Pesilat ini terbagi dalam dua kategori yakni kategori Remaja dan kategori Dewasa. Pesilat Remaja sebanyak 87 orang dan Pesilat Dewasa sebanyak 66 orang. Pesilat ini berlaga di 26 kelas yang dipertandingkan.

26 kelas yang dipertandingkan itu terdiri dari 14 kelas untuk kategori tanding remaja dan 16 kelas untuk kategori tanding dewasa. 14 kelas untuk kategori tanding remaja terdiri dari kelas A Putra dan Putri, kelas B Putra dan Putri, kelas C Putra dan Putri, kelas D putra dan Putri, kelas E Putra dan Putri, kelas F Putra dan Putri, dan kelas G Putra dan Putri.

Sementara 12 kelas di kategori tanding dewasa terdiri dari kelas A Putra dan Putri, kelas B Putra dan Putri, kelas C Putra dan Putri, kelas D Putra dan Putri, kelas E Putra dan Putri, kelas F Putra dan kelas G Putra.

Kemudian 14 Perguruan Silat yang mengirimkan atlitnya untuk berlaga pada kejuaraan ini yakni Perguruan Pencak Silat Walet Puti, Tapak Suci, Elang Ksatria, ISIKOM, SKS, IKS-PI Kera Sakti, Pagar Nusa, HIMSSI, Persimo, Okido, PSHT, Lintau IX Koto, Kumango dan Patbanbu.

Memasuki hari kedua Jumat (26/10/18), seluruh pertandingan babak penyisihan sudah selesai dilaksanakan dan para pemenang di babak penyisihan berhak untuk berlaga di babak selanjutnya.

Dari pantauan wartawan di arena kejurkab pencak silat IPSI Kampar ini, terlihat pelaksanaan pencak silat ini mendapat perhatian yang cukup tinggi dari masyarakat. Terbukti ratusan penonton memadati arena pencak silat. Demikian juga sorak sorai penonton ikut memberikan dukungan kepada pesilat yang sedang bertanding.

Pertandingan digelar dari pagi pukul 08.00 Wib hingga pukul 22.30 Wib. Meskipun pertandingan digelar hampir tengah malam namun penonton tetap antusias menyaksikan setiap kelas yang dipertandingkan.

Ketua Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengkab IPSI) Kabupaten Kampar M. Salim, SPd, MIP didampingi Sekretaris Ashadi Ainun dan Ketua Panitia Jumaidi Hamid kepada wartawan menyampaikan bahwa Kejuaraan Pencak Silat ini berjalan lancar, aman dan sukses.

“Animo perguruan untuk mengikutsertakan pesilatnya dalam kejurkab ini cukup tinggi terbukti banyak atlit yang ambil bagian dalam kejuaraan ini. Animo masyarakat juga cukup tinggi dengan banyaknya penonton yang menyaksikan pertandingan ini. Ini bukti bahwa masyarakat cinta pencak silat,” ujar Salim.

Oleh sebab itu Salim mengajak masyarakat pecinta pencak silat untuk bersama-sama memajukan pencak silat di Kabupaten Kampar. “Mari kita kembangkan pencak silat di Kabupaten Kampar karena pecinta pecak silat dan bibit pesilat luar biasa,” kata Salim.

Kepada pesilat Salim menghimbau untuk terus giat berlatih. “Giatlah berlatih karena selain kejuaraan ini akan ada kejuaraan- kejuaraan lain yang bisa diikuti oleh pesilat, dan IPSI Kampar akan terus mencari dan mengembangkan bibit-bibit baru itu,” ujar Salim.

Kemudian untuk pesilat yang meraih prestasi pada kejurkab kali ini, IPSI Kampar akan terus melakukan pembinaan dan tes fisik secara kontinyu untuk menjaga performa atlit dalam rangka menghadapi kejuaraan yang lebih besar.

Kemudian IPSl Kampar juga mengajak setiap perguruan untuk berlomba-lomba menggelar kejuaraan sehingga dapat memunculkan bibit bibit atlit baru sekaligus membina atlit yang sudah ada. “Kita sangat mendukung kalau perguruan menggelar kejuaraan karena untuk kemajuan pencak silat tidak bisa hanya mengandalkan pada kejuaraan yang dilaksanakan IPSI,” ujar Salim.(Rls)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments