Kamis, Juli 18, 2024
BerandaNasionalRatusan Wisatawan Berburu 'Salju' di Dataran Tinggi Dieng

Ratusan Wisatawan Berburu ‘Salju’ di Dataran Tinggi Dieng

BANJARNEGARA(auranews.id) – Fenomena alam berupa munculnya ‘salju’ terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah, tepatnya di Dataran Tinggi Dieng. Ratusan wisatawan dari berbagai daerah sejak Sabtu (7/7/2018) pagi berbondong bondong menuju ke kawasan Kompleks Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng.

Ya, sejak tiga hari terakhir, kondisi cuaca dan suhu di Dieng mengalami penurunan. Suhu berkisar antara 0 hingga 7 derajat celcius saat malam hari. Penurunan suhu yang cukup drastis ini memunculkan fenomena cukup unik yaitu kemunculan es.

Embun- embun air yang menempel pada rumput dan dedaunan pun berubah menjadi butiran butiran es.

Dengan menggunakan kamera, para wisatawan pun berlomba-lomba mengabadikan momen langka kemunculan embun es ini. Embun es atau warga Dieng biasa menyebutnya embun upas muncul setiap tahun saat memasuki bulan Juli dan Agustus saat musim kemarau.

“Kami penasaran dengan ramainya pemberitaan di medsos terkait kemunculan es di Dieng, jadi saya ingin membuktikan dan ternyata benar, udara di sini sangat dingin,” kata Rahmat, seorang wisatawan.

Embun es ini bisa dinikmati wisatawan mulai pukul 02.00 hingga pukul 06.00. Kemunculan embun es ini tidak setiap hari, tergantung kondisi penurunan suhu di Dataran Tinggi Dieng. Embun akan cepat meleleh saat sudah terbit matahari dan suhu mengalami kenaikan.

Sumber: SINDONEWS.com

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments